Kecenderungan konsep diri remaja yang mengalami child abuse / Cokorda Istri Putri Ramanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Kecenderungan konsep diri remaja yang mengalami child abuse / Cokorda Istri Putri Ramanti

Ramanti, Cokorda Istri Putri (2014) Kecenderungan konsep diri remaja yang mengalami child abuse / Cokorda Istri Putri Ramanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ramanti Cokorda Istri Putri. 2014. Kecenderungan Konsep Diri Remaja yang Mengalami Child Abuse. Skripsi Jurusan Psikologi FPPsi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Fattah Hidayat S. Psi. M. Psi. (II) Drs. Mochamad Bisri M. Psi Kata Kunci konsep diri remaja child abuse 12288 12288 12288 Pada umumnya remaja yang pernah mengalami dan menyaksikan kekerasan memiliki perasaan marah kecewa dan juga sedih. Kekerasan yang terjadi di dalam keluarga memberikan pengaruh yang besar dalam perkembangan konsep diri remaja dan mempengaruhi penyesuaian mereka dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk memahami dan mendeskripsikan konsep diri remaja yang mengalami kekerasan. 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif fenomenologis. Pengambilan sampel penelitian menggunakan metode snowball sampling. Partisipan dalam penelitian ini berjumlah tiga orang yaitu AAP ME dan MF. Dengan kriteria berada pada usia remaja akhir dan pernah atau sedang mengalami child abuse. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah wawancara mendalam dan observasi. Keseluruhan data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif dan disusun menjadi kesimpulan penelitian. 12288 12288 12288 Penelitian ini menemukan bahwa konsep diri remaja yang pernah mengalami kekerasan tidak selalu memiliki kecenderungan berkembang ke arah negatif. Ada subjek yang merasa dirinya tidak berharga dan merasa inferior saat berada di lingkungan sosial. Namun ada subjek yang dapat mengembangkan konsep dirinya ke arah yang positif. Hal ini terjadi karena keadaan subjek yang tidak lagi mengalami kekerasan membuat konsep diri mereka memiliki kesempatan untuk berkembang ke arah positif. Konsep diri yang mereka miliki juga mempengaruhi sikap mereka terhadap hubungan interpersonal. Disarankan sebaiknya remaja yang pernah mengalami kekerasan lebih melibatkan diri dalam aktivitas yang dapat mengembangkan potensi mereka dan meminta bantuan pada orang yang lebih ahli seperti psikolog atau psikiater agar dapat membantu masalah yang dihadapi. Selain itu orangtua juga disarankan untuk berperan aktif mengurangi pertengkaran dan menghubungi psikolog. Dan masyarakat yang mengetahui keluarga dengan kekerasan diharapkan menghubungi polisi atau lembaga sosial yang terkait dan memberikan dukungan bagi para korban.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/100953

Actions (login required)

View Item View Item