Pengaruh jenis ritme musik pelan dan cepat terhadap kemampuan konsentrasi pada mahasiswa dengan gaya belajar auditory / Desrino Yoga Agusta

Agusta, Desrino Yoga (2014) Pengaruh jenis ritme musik pelan dan cepat terhadap kemampuan konsentrasi pada mahasiswa dengan gaya belajar auditory / Desrino Yoga Agusta. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Agusta, Desrino Yoga. 2014. Pengaruh Jenis Ritme Musik Pelan dan Cepat Terhadap Kemampuan Konsentrasi Pada Mahasiswa dengan Gaya Belajar Auditory. Skripsi, Jurusan Psikologi, FPPsi Universitas Negeri Malang. Dosen Pembimbing (1) Dra. Sri Weni Utami M.Si, (II) Ninik Setiyowati S.Psi, M.Si. Kata Kunci: Ritme Musik, Konsentrasi, Gaya Belajar Auditory. &#12288;&#12288;&#12288;Semakin berkembangnya zaman, sekarang musik dapat dengan mudah dinikmati oleh siapapun dan di manapun orang tersebut berada. Sekarang orang dapat dengan mudah menikmati musik baik di dalam kendaran maupun ruang kerja melalui smartphone ataupun mp3. Dalam keseharian, konsentrasi sangat dibutuhkan dalam beraktivitas. &#12288;&#12288;&#12288; Musik adalah suatu materi berupa suara atau bunyi yang disusun sedemikian rupa sehingga menghasilkan suara atau bunyi harmonis yang memiliki muatan afektif yang mampu mempengaruhi emosi pendengar yang direpresentasikan melalui ritme. Penelitian ini dilakukan untuk melihat apakah terdapat perbedaan pengaruh dari jenis ritme musik pelan dan cepat terhadap konsentrasi seseorang, khususnya pada mahasiswa dengan gaya belajar auditory. &#12288;&#12288;&#12288;Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen randomized two-group design, postest only. Subjek dalam penelitian yang digunakan adalah mahasiswa dengan gaya belajar auditory yang tidak merasa terganggu ketika berkonsentrasi dengan diiringi musik. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 22 orang dengan pembagian 11 orang adalah kelompok eksperimen I dengan pemberian treatment musik dengan ritme cepat dan 11 orang adalah kelompok eksperimen II dengan pemberian treatment musik dengan ritme pelan. Instrumen yang digunakan untuk melakukan seleksi subjek adalah VAK Learning Styles Self-Assessment Questionnaire. Sedangkan instrumen yang digunakan untuk mengukur kemampuan konsentrasi adalah tes Pauli dengan menggunakan aspek Jumlah (Ju), aspek Salah (Sa), dan aspek Dibetulkan (Dib). Analisis data untuk menggambarkan perbedaan skor antar dua kelompok eksperimen adalah dengan analisis data deskriptif statistik dan uji komparasi dengan two independent sample test Mann-Whitney U. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dari jenis ritme musik pelan dan cepat terhadap kemampuan konsentrasi pada mahasiswa dengan gaya belajar auditory. Nilai signifikansi uji komparasi pada nilai konsentrasi dua kelompok eksperimen tersebut menunjukkan nilai 0,001(<0,05). Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa musik dengan ritme pelan lebih efektif digunakan seseorang dalam berkonsentrasi dari pada musik dengan ritme cepat. Kelompok eksperimen II memiliki skor konsentrasi lebih tinggi dengan mean 5,91 yang termasuk dalam kategori sedang dari pada kelompok eksperimen I dengan mean 3,82 yang termasuk dalam kategori rendah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Pendidikan Psikologi (FPPsi) > Jurusan Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/100952

Actions (login required)

View Item View Item