Pengaruh pola asuh terhadap temper tantrum pada anak pra sekolah di Kelompok Bermain Naura Kids / Melly Amalia Vardia

Vardia, Melly Amalia (2014) Pengaruh pola asuh terhadap temper tantrum pada anak pra sekolah di Kelompok Bermain Naura Kids / Melly Amalia Vardia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Vardia, M, A. 2014. Pengaruh Pola Asuh terhadap Temper Tantrum pada Anak Pra Sekolah di Kelompok Bermain Naura Kids. Skripsi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Tutut Chusniyah, M.Si., (II) Pravissi Shanti, S.Psi, M.Psi Kata kunci : Pola Asuh, Temper Tantrum.     Pola asuh adalah pola perilaku yang diterapkan oleh orang tua kepada anak yang bersifat ralatif dan konsisten dari waktu ke waktu, sedangkan temper tantrum adalah suatu kondisi dimana anak mengalami luapan emosi yang meledak-ledak dan tidak terkontrol. Pola asuh orang tua yang terlalu mendominasi atau menuruti semua keinginan anak akan menyebabkan anak mudah mengalami tantrum.      Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan kuantitatif deskriptif dan analisis regresi berganda. Penelitian ini dilakukan di Kelompok bermain Naura Kids dengan sampel penelitian sebanyak 30 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah Sampling Jenuh dengan karakteristik sampel yaitu siswa Kelompok Bermain Naura Kids yang berada pada rentang usia 2-4 tahun. Pengumpulan data menggunakan metode skala Likert. Analisis data menggunakan teknik analisis regresi berganda yang digunakan untuk mengetahui apakah pola asuh menjadi prediktor atau tidak dari munculnya temper tantrum pada anak pra sekolah di Kelompok Bermain Naura Kids. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Skala Pola Asuh yang terdiri dari 50 item dengan reliabilitas sebesar 0,762, Skala Temper Tantrum terdiri dari 21 item dengan reliabilitas sebesar 0,663.     Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) tingkat temper tantrum pada anak pra sekolah di KB Naura Kids berada pada klasifikasi sedang, dengan prosentase sebesar 43,3% (2) pola asuh yang diterapkan oleh wali murid KB. Naura Kids sebanyak 40% subjek menerapkan pola asuh otoriter, 23,3% subjek menerapkan pola asuh demokratis, dan 36,7% subjek menerapkan pola asuh permisif. (3) ada pengaruh pola asuh terhadap temper tantrum sebesar 46,6%, dengan penjelasan pengaruh pola asuh permisif sebesar 39,8%, pola asuh permisif sebesar 39,4%, dan tidak ada pengaruh pola asuh demokratis terhadap temper tantrum.     Berdasarkan hasil penelitian tersebut, disarankan (1) Wali murid Kelompok Bermain Naura Kids menambah wawasan mengenai pola asuh yang baik bagi anak, dan mencari informasi tambahan mengenai temper tantrum pada anak. (2) Peneliti selanjutnya diharapkan dapat melakukan pengembangan skala yang lebih baik lagi pada Skala Pola Asuh dan Skala Temper Tantrum, dengan menambahkan variasi item baik pada Skala Pola Asuh maupun Skala Temper Tantrum, Serta diadakan penelitian kembali dengan memperluas populasi dan jumlah sampel agar didapatkan hasil generalisasi yang luas serta pengukuran yang lebih akurat dan reliabel. (3) Kelompok Bermain Naura Kids untuk mengadakan seminar parenting dan temper tantrum agar mampu menambah wawasan wali murid.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Pendidikan Psikologi (FPPsi) > Jurusan Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/100946

Actions (login required)

View Item View Item