Pengaruh identitas etnik terhadap keputusan memilih produk oleh mahasiswa etnis Batak di Kota Malang / Indra Zakaria

Zakaria, Indra (2014) Pengaruh identitas etnik terhadap keputusan memilih produk oleh mahasiswa etnis Batak di Kota Malang / Indra Zakaria. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Zakaria, Indra. 2014. Pengaruh Identitas Etnik Terhadap Keputusan Memilih Produk oleh Mahasiswa Etnis Batak di Kota Malang. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Tutut Chusniyah, M.Si., (II) Drs. Mohammad Bisri, M.Si. Kata kunci: identitas etnik, keputusan memilih produk, etnis Batak &#12288;&#12288;&#12288;&#12288; &#12288;&#12288;&#12288;&#12288;Pengambilan keputusan merupakan tahapan yang melibatkan proses kognitif dan dipengaruhi oleh banyak faktor, diantaranya adalah faktor lingkungan dan kelompok sosial (in group dan out group). Individu cenderung akan mengidentifikasikan dirinya dalam kelompok-kelompok sosial yang disebut sebagai identitas sosial. Salah satu bentuk identitas sosial adalah identitas etnik. Di dalam pemahaman identitas etnik, terdapat sikap, keyakinan, nilai-nilai, dan norma kelompok serta harapan yang kemudian dibagi bersama kelompoknya. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh identitas etnik terhadap keputusan memilih produk. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui apakah ada perbedaan keputusan memilih produk oleh mahasiswa etnis Batak yang mendapat perlakuan penjualan produk dengan menggunakan bahasa Batak dan menggunakan bahasa Indonesia; 2) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh identitas etnik terhadap pengambilan keputusan dalam memilih sebuah produk oleh mahasiswa etnis Batak. &#12288;&#12288;&#12288;&#12288;Penelitian ini menggunakan dua rancangan penelitian, yakni penelitian eksperimen dan non eksperimen. Pada penelitian eksperimen subjek dibagi menjadi dua kelompok dan diberi perlakuan yang berbeda. 30 subjek dalam kelompok eksperimen diberi perlakuan penjualan produk dengan menggunakan bahasa Batak dan 30 subjek dalam kelompok kontrol diberi perlakuan penjualan produk dengan menggunakan bahasa Indonesia sebagai pembanding bagi kelompok eksperimen. Setelah itu 60 subjek (kelompok eksperimen dan kontrol) mengisi skala identitas etnik dan keputusan memilih produk. Analisis data pada penelitian eksperimen menggunakan uji independent sample t test, sedangkan data pada penelitian non eksperimen menggunakan uji regresi linear sederhana. &#12288;&#12288;&#12288;&#12288;Hasil penelitian ekperimental menunjukkan nilai signifikansi t sebesar 0,002 (p=0,002<0,05) yang berarti ada perbedaan yang signifikan antara perlakuan terhadap subjek kelompok eksperimen dengan menggunakan bahasa Batak dan subjek kelompok kontrol dengan menggunakan bahasa Indonesia. Hasil pada penelitian non eksperimental menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,008 (p=0,008<0,05) yang berarti ada pengaruh identitas etnik terhadap keputusan memilih produk. Dan nilai predictor bagi variabel identitas etnik sebesar 0,115. Berdasarkan hasil penelitian eksperimen dan non eksperimental yang dilakukan, peneliti memberikan saran yakni bagi produsen supaya dapat membuat barang-barang pemuas kebutuhan yang dekat dengan latar belakang budaya konsumen. Selain menguntungkan bagi produsen, hal ini dapat menjadi sarana edukasi bagi konsumen. Saran diberikan juga bagi peneliti selanjutnya, yakni dengan mempertimbangkan keterlibatan etnis lain dalam penelitian dan juga barang pemuas kebutuhan lain, sehingga data yang didapat lebih beragam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Pendidikan Psikologi (FPPsi) > Jurusan Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/100942

Actions (login required)

View Item View Item