Zakaria, Indra (2014) Pengaruh identitas etnik terhadap keputusan memilih produk oleh mahasiswa etnis Batak di Kota Malang / Indra Zakaria. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Zakaria Indra. 2014. Pengaruh Identitas Etnik Terhadap Keputusan Memilih Produk oleh Mahasiswa Etnis Batak di Kota Malang. Skripsi Jurusan Psikologi Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Tutut Chusniyah M.Si. (II) Drs. Mohammad Bisri M.Si. Kata kunci identitas etnik keputusan memilih produk etnis Batak 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 Pengambilan keputusan merupakan tahapan yang melibatkan proses kognitif dan dipengaruhi oleh banyak faktor diantaranya adalah faktor lingkungan dan kelompok sosial (in group dan out group). Individu cenderung akan mengidentifikasikan dirinya dalam kelompok-kelompok sosial yang disebut sebagai identitas sosial. Salah satu bentuk identitas sosial adalah identitas etnik. Di dalam pemahaman identitas etnik terdapat sikap keyakinan nilai-nilai dan norma kelompok serta harapan yang kemudian dibagi bersama kelompoknya. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh identitas etnik terhadap keputusan memilih produk. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui apakah ada perbedaan keputusan memilih produk oleh mahasiswa etnis Batak yang mendapat perlakuan penjualan produk dengan menggunakan bahasa Batak dan menggunakan bahasa Indonesia 2) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh identitas etnik terhadap pengambilan keputusan dalam memilih sebuah produk oleh mahasiswa etnis Batak. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan dua rancangan penelitian yakni penelitian eksperimen dan non eksperimen. Pada penelitian eksperimen subjek dibagi menjadi dua kelompok dan diberi perlakuan yang berbeda. 30 subjek dalam kelompok eksperimen diberi perlakuan penjualan produk dengan menggunakan bahasa Batak dan 30 subjek dalam kelompok kontrol diberi perlakuan penjualan produk dengan menggunakan bahasa Indonesia sebagai pembanding bagi kelompok eksperimen. Setelah itu 60 subjek (kelompok eksperimen dan kontrol) mengisi skala identitas etnik dan keputusan memilih produk. Analisis data pada penelitian eksperimen menggunakan uji independent sample t test sedangkan data pada penelitian non eksperimen menggunakan uji regresi linear sederhana. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian ekperimental menunjukkan nilai signifikansi t sebesar 0 002 (p 0 002
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 14 Aug 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/100942 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |