Kepercayaan konsumen dan e-Wom (Electronic word of Mouth) sebagai prediktor dari intensi membeli produk di internet pada mahasiswa Universitas Negeri Malang / Feni Dwi Pratiwi - Repositori Universitas Negeri Malang

Kepercayaan konsumen dan e-Wom (Electronic word of Mouth) sebagai prediktor dari intensi membeli produk di internet pada mahasiswa Universitas Negeri Malang / Feni Dwi Pratiwi

Pratiwi, Feni Dwi (2014) Kepercayaan konsumen dan e-Wom (Electronic word of Mouth) sebagai prediktor dari intensi membeli produk di internet pada mahasiswa Universitas Negeri Malang / Feni Dwi Pratiwi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pratiwi Feni Dwi. 2014. Kepercayaan Konsumen dan e-WOM (electronic Word Of Mouth) sebagai Prediktor dari Intensi Membeli Produk di Internet pada Mahasiswa Universitas Negeri Malang. Skripsi Jurusan Psikologi Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr.Hj. Tutut Chusniyah M.Si. (II) Ike Dwiastuti S.Psi. M.Psi. Kata Kunci kepercayaan konsumen e WOM intensi membeli 12288 12288 12288 12288 12288 Kepercayaan konsumen merupakan keyakinan dan harapan konsumen terhadap penjual. e WOM (electronic Word Of Mouth) merupakan aktivitas penyebaran informasi secara informal dari mulut ke mulut melalui media internet atau web secara online. Sedangkan intensi membeli merupakan kecenderungan atau niat individu untuk melakukan tindakan membeli produk. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa kepercayaan konsumen dan e-WOM (electronic Word Of Mouth) merupakan prediktor dari intensi membeli produk di internet. 12288 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif korelasional. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 100 responden yang merupakan mahasiswa di Universitas Negeri Malang menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala kepercayaan konsumen yang terdiri dari 26 aitem dengan reliabilitas sebesar ( 0 910) skala e-WOM yang terdiri dari 24 aitem dengan reliabilitas sebesar ( 0 901) dan skala intensi membeli sebanyak 10 aitem dengan reliabilitas sebesar ( 0 787). Data hasil penelitian ini dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi ganda. 12288 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) ada sejumlah 44% mahasiswa Universitas Negeri Malang memiliki intensi membeli produk melalui internet dengan kategori sedang 2) ada sejumlah 33% mahasiswa Universitas Negeri Malang memiliki kepercayaan konsumen dengan kategori sedang dan 3) ada sejumlah 38% mahasiswa Universitas Negeri Malang memanfaatkan e-WOM dengan kategori sangat rendah 4) kepercayaan konsumen dan e-WOM secara bersama-sama memiliki pengaruh terhadap intensi membeli produk di internet sebesar R Square 0 080 (8%) dengan signifikansi F change(0 018 0 05) 5) kepercayaan konsumen memiliki pengaruh terhadap intensi membeli produk di internet sebesar koefisien uji t (thitung1 995 ttabel 1 98) dengan signifikansi(p 0 049 0 05) 6) e-WOM tidak memiliki pengaruh terhadap intensi membeli produk di internet sebesar (thitung1 436 ttabel 1 98) dengan signifikansi (p 0 154 0 05). 12288 12288 12288 12288 12288 Saran dari penelitian ini adalah 1) mahasiswa sebagai konsumen sekaligus pengguna internet diharapkan lebih selektif mengambil keputusan dalam membeli produk di internet dengan mempertimbangkan informasi yang didapat secara langsung maupun online 2) penjual di internet hendaknya memiliki kemampuan melayani kebaikan hati keterbukaan dalam membentuk kepercayaan konsumen dan memberikan pelayanan terbaik dalam menawarkan produk online. 3) praktisi yang mempelajari perilaku konsumen hendaknya memperhatikan faktor lain diluar faktor yang telah digunakan oleh peneliti. Faktor tersebut bisa berasal dari faktor personal sosial dan budaya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jul 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/100927

Actions (login required)

View Item View Item