Pemanfaatan lingkungan alam melalui inkuiri terbimbing berbasis lesson study untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar biologi / Siti Inayatul Zuraida

Zuraida, Siti Inayatul (2014) Pemanfaatan lingkungan alam melalui inkuiri terbimbing berbasis lesson study untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar biologi / Siti Inayatul Zuraida. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Zuraida, Siti Inayatul. 2014. Pemanfaatan Lingkungan Alam melalui Inkuiri Terbimbing berbasis Lesson Study untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Biologi. Skripsi, Jurusan Biologi Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dra. Herawati Susilo, M.Sc, Ph.D (2) Dr. Hj. Dahlia, M.S. Kata Kunci: Lingkungan Alam, Inkuiri Terbimbing, Lesson Study, Kemampuan Berpikir Kritis, Hasil Belajar. Berdasarkan observasi di kelas X Mat Sains 5 SMAN 4 Malang, diketahui bahwa guru sudah menerapkan metode diskusi dan presentasi akan tetapi permasalahan sulit diatasi karena membuat bosan dan kurang membiasakan berpikir kritis. Alternatif untuk mengatasi masalah dengan memanfaatkan lingkungan alam melalui inkuiri terbimbing berbasis LS. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis, hasil belajar biologi dan mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran dengan pemanfaatan lingkungan alam melalui inkuiri terbimbing berbasis LS. Penelitian menggunakan desain penelitian tindakan kelas LS. Tahap PTK adalah perenca¬naan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi sedangkan tahap LS adalah plan, do, dan see. Penelitian dilakukan pada materi Plantae selama 2 siklus pene¬litian tindakan kelas dengan 8 siklus LS. Teknik pengumpulan data berupa observasi, angket, dan tes. Analisis data berupa data pelaksanaan LS, data pemanfaatan lingkungan alam melalui inkuiri terbimbing, data kemampuan berpikir kritis, data hasil belajar siswa, dan data angket respon siswa terhadap pembelajaran. Kemampuan berpikir kritis diukur menggunakan soal tes dengan lembar penilaian kemampuan berpikir kritis sedangkan hasil belajar siswa diukur menggunakan tes akhir setiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan berpikir kritis meningkat 11,67%, hasil belajar kognitif meningkat 15,15%, hasil belajar afektif meningkat 13,13%, hasil belajar psikomotorik meningkat 14,98%, dan hasil angket respon siswa terhadap pembelajaran meningkat 1,67%. Kesimpulan yang dapat diambil adalah pemanfaatan lingkungan alam melalui inkuiri terbimbing berbasis LS dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar biologi. Berdasarkan hasil penelitian, saran yang diberikan adalah pembelajaran dengan model ini harus memperhatikan pengelolaan waktu dengan tepat dan guru harus melakukan observasi terhadap lingkungan alam sebelum kegiatan penyelidikan. Penelitian ini dilaksanakan oleh calon guru maka kehadiran guru bidang studi di setiap tahap diperlukan dalam pelaksanaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Pendidikan Psikologi (FPPsi) > Jurusan Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/100924

Actions (login required)

View Item View Item