Hubungan antara self esteem dan asertivitas dengan motivasi berprestasi siswa kelas VIII SMP yang pernah mengalami bullying / Gladya Octa Primitasari Mudjiono

Mudjiono, Gladya Octa Primitasari (2014) Hubungan antara self esteem dan asertivitas dengan motivasi berprestasi siswa kelas VIII SMP yang pernah mengalami bullying / Gladya Octa Primitasari Mudjiono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Mudjiono, Gladya Octa Primitasari. 2014. Hubungan antara Self Esteem dan Asertivitas dengan Motivasi Berprestasi Siswa Kelas VIII SMP yang Pernah Mengalami Bullying. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang; Pembimbing (I) Dr. Moh. Irtadji, M.Si, (II) Pravissi Shanti, S.Psi, M.Psi. Kata Kunci: self esteem, asertivitas, motivasi berprestasi, dan bullying. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui gambaran mengenai self esteem siswa kelas VIII SMP yang pernah mengalami bullying, (2) untuk mengetahui gambaran asertivitas siswa kelas VIII SMP yang pernah mengalami bullying, (3) untuk mengetahui gambaran motivasi berprestasi siswa kelas VIII SMP yang pernah mengalami bullying, (4) untuk mengetahui hubungan antara self esteem dengan motivasi berprestasi siswa kelas VIII SMP yang pernah mengalami bullying, (5) untuk mengetahui hubungan antara asertivitas dengan motivasi berprestasi siswa kelas VIII SMP yang pernah mengalami bullying, (6) untuk mengetahui hubungan antara self esteem dan asertivitas dengan motivasi berprestasi siswa kelas VIII SMP yang pernah mengalami bullying. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif dan korelasional. Subyek peneliti adalah 134 siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Gempol yang didapat secara insidental dengan berdasarkan pada kriteria yang pernah mengalami bullying. Pengambilan data penelitian menggunakan skala self esteem, skala asertivitas dan skala motivasi berprestasi. Data dianalisis secara deskriptif menggunakan prosentase, dan dianalisis korelasi menggunakan teknik analisis parsial dan analisis ganda menggunakan regresi berganda dengan bantuan software SPSS 16.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Gempol yang pernah mengalami bullying, (1) memiliki self esteem yang tinggi (2) memiliki asertivitas yang tinggi (3) memiliki motivasi berprestasi yang rendah (4) ada hubungan yang positif dan signifikan antara self esteem dengan motivasi berprestasi dengan nilai r = 0,670 dan p = 0, 05 (5) ada hubungan yang positif signifikan antara asertivitas dengan motivasi berprestasi dengan nilai r = 0,637 dan p = 0,000<0,05 (6) Ada hubungan positif antara self esteem dan asertivitas dengan motivasi berprestasi dengan nilai r = 0,760 dan p = 0,000<0,05. Saran yang dapat diberikan adalah (1) Kepala Sekolah mau bekerjasama dengan guru mata pelajaran untuk memberikan reinforcement positive bagi siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi setiap bulannya, (2) bagi siswa untuk mampu bersikap tegas, jujur menyatakan perasaan, berani menolak pada hal yang kurang sesuai, agar tetap bisa mempertahankan diri ketika mengalami situasi bullying sehingga diharapkan akan bisa meningkatkan self esteem serta agar tercipta lingkungan sekolah yang kondusif dan bisa meningkatkan motivasi berprestasi siswa, (3) bagi peneliti selanjutnya diharapkan untuk mengembangkan penelitian dengan lebih bervariatif, seperti subjek yang lebih beragam, dan hendaknya bisa mempertimbangkan teknik kualitatif dengan mempertajam dan memperluas faktor-faktor yang dapat mempengaruhi motivasi berprestasi siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Pendidikan Psikologi (FPPsi) > Jurusan Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 May 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/100920

Actions (login required)

View Item View Item