Hubungan self disclosure dengan kepuasan pernikahan pada istri di Kelurahan Candirenggo Kecamatan Singosari Kabupaten Malang / Dwi Baroroh Baridah

Baridah, Dwi Baroroh (2014) Hubungan self disclosure dengan kepuasan pernikahan pada istri di Kelurahan Candirenggo Kecamatan Singosari Kabupaten Malang / Dwi Baroroh Baridah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hubungan antara Self Disclosure dengan Kepuasan Pernikahan pada Istri di Kelurahan Candirenggo Kecamatan Singosari Kabupaten Malang. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (I) Fattah Hidayat, S.E, S. Psi, M.Si, (II) Ika Andrini Farida, S.Psi, M.Psi. Kata kunci : self disclosure, kepuasan pernikahan, istri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) deskripsi self disclosure pada istri di Kelurahan Candirenggo Kecamatan Singosari Kabupaten Malang, (2) deskripsi kepuasan pernikahan pada istri di Kelurahan Candirenggo Kecamatan Singosari Kabupaten Malang, (3) hubungan antara self disclosure dengan kepuasan pernikahan pada istri di Kelurahan Candirenggo Kecamatan Singosari Kabupaten Malang Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dan korelasional. Pengumpulan data menggunakan skala self disclosure dan skala kepuasan pernikahan. Try out dilakukan di Desa Sukorejo Kecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek dengan menggunakan 55 subjek. Penelitian menggunakan 40 subjek istri yang tinggal di Kelurahan Candirenggo Kecamatan Singosari Kabupaten Malang. Validitas item untuk variabel self disclosure terdiri dari 46 aitem dengan reliabilitas 0,935. Validitas aitem untuk variabel kepuasan pernikahan terdiri dari 43 aitem dengan reliabilitas sebesar 0,932. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) para istri di Kelurahan Candirenggo Kecamatan Singosari Kabupaten Malang lebih banyak memiliki tingkat self disclosure yang tinggi, (2) para istri di Kelurahan Candirenggo Kecamatan Singosari Kabupaten Malang lebih banyak memiliki tingkat kepuasan pernikahan yang tinggi, (3) ada hubungan yang signifikan antara self disclosure dengan kepuasan pernikahan pada istri di Kelurahan Candirenggo Kecamatan Singosari Kabupaten Malang. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disarankan istri dapat meningkatkan self disclosure supaya tercapai kepuasan dalam pernikahan. Diharapkan ketika mengungkapkan pikiran dan perasaannya kepada suami harus mempertimbangkan waktu, situasi dan kondisi yang tepat agar informasi tersampaikan secara penuh kepada suami, sehingga nantinya tercipta keterbukaan dalam taraf yang sama antara suami-istri.  

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Pendidikan Psikologi (FPPsi) > Jurusan Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 May 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/100919

Actions (login required)

View Item View Item