Perbedaan kepatuhan ditinjau dari kontrol diri pada remaja pesantren dan non pesantren / Gita Asteria Nilasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan kepatuhan ditinjau dari kontrol diri pada remaja pesantren dan non pesantren / Gita Asteria Nilasari

Nilasari, Gita Asteria (2014) Perbedaan kepatuhan ditinjau dari kontrol diri pada remaja pesantren dan non pesantren / Gita Asteria Nilasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Nilasari Gita Asteria. 2014. Perbedaan Kepatuhan Ditinjau dari Kontrol Diri Remaja Pesantren dan Non Pesantren. Skripsi Jurusan Psikologi Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Hj. Dra Sri Weni Utami M.Si (II) Pravissi Shanti S.Psi M.Psi Kata Kunci kepatuhan kontrol diri remaja pesantren 12288 12288 12288 Saat ini banyak terjadi fenomena pelanggaran peraturan yang dilakukan remaja baik di lingkungan sekolah keluarga maupun lingkungan masyarakat. Remaja seakan membuat sebuah prinsip sendiri bahwa peraturan itu dibuat untuk dilanggar membuat peneliti tertarik untuk membandingkan bagaimana perbedaan tingkat kepatuhan antara remaja yang menjalani kehidupannya di pondok pesantren dengan lingkungan yang berbasis agama dan remaja pada umumnya yang menjalani kehidupan sekolah umum dan keluarga. Tidak hanya mengukur kepatuhan akan tetapi peneliti ingin melihat lebih jauh dengan membandingkannya dengan tingkat kontrol diri para remaja yang tinggal di pesantren dan luar pesantren. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kepatuhan ditinjau dari kontrol diri remaja pesantren dan non pesantren. 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan dua variabel yaitu kepatuhan dan kontrol diri serta menggunakan 2 jenis subjek yang berbeda. Dalam penelitian ini alat ukur yang dipakai adalah skala untuk setiap variabel yang ada. Subjek dalam penelitian ini adalah remaja yang tinggal di pondok pesantren dan remaja yang tinggal di luar pondok pesantren dengan rentan usia antara 11-14 tahun. Total subjek yang dipakai berjumlah 120 remaja dengan rincian 60 remaja dari pondok pesanteren dan 60 remaja dari luar pondok pesantren yang sama-sama berada dalam kecamatan Bululawang-Malang. Analisis dari hasil penelitian ini menggunakan analisis deskriptif komparatif. Analisis deskriptif yang digunakan adalah mean deviasi standar skor maksimal dan minimal presentase dan frekuensi. Sedang uji komparatif menggunakan uji normalitas uji homogenitas dan uji hipotesis menggunakan one way anova. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan kepatuhan ditinjau dari kontrol diri pada remaja pesantren dan non pesantren. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh F tabel F hitung (3 92 38 620) dan Sig sebesar 0 00 maka Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan adanya perbedaan kepatuhan ditinjau dari kontrol diri remaja pesantren dan non pesantren.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 May 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/100918

Actions (login required)

View Item View Item