Pengembangan penilaian kinerja berorientasi custamer sevice competency pada karyawan security di Mall BATOS (Batu Town Square) / Frika Nungki Pratama Putri

Putri, Frika Nungki Pratama (2014) Pengembangan penilaian kinerja berorientasi custamer sevice competency pada karyawan security di Mall BATOS (Batu Town Square) / Frika Nungki Pratama Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Putri, Frika, Nungki Pratama. 2014. Pengembangan Penilaian Kinerja Berorientasi Customer Service Competency Pada Karyawan Security Di Mall BATOS ( Batu Town Square ). Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Diyah Sulistiyorini, S.Psi, M.Psi, (II) Ika A. Farida, S.Psi, M.Psi. Kata Kunci: pengembangan penilaian kinerja, customer service competency, karyawan security, di mall BATOS     Indikator penilaian kinerja di organisasi meliputi empat kelompok yaitu hasil kerja yang berhubungan dengan keuntungan organisasi, kemampuan karyawan, dan pelayanan kepada pelanggan. Penilaian kinerja pada karyawan security di BATOS yang memiliki aspek sasaran yang kurang lengkap dan perlu dilengkapi dengan kompetensi yang berhubungan dengan pelayanan terhadap pengunjung. Penambahan kompetensi dalam penilaian kinerja diharapkan dapat memperbaiki proses penilaian kinerja karyawan security di BATOS. Penelitian ini bertujuan untuk membuat penilaian kinerja yang akan dibuat fokus pada pengembangan penilaian kinerja berorientasi customer service competency untuk karyawan security di Mall BATOS ( Batu Town Square ).     Penelitian ini menggunakan metode Research and Development, yaitu metode penelitian yang digunakan untuk menghasilakan produk tertentu, dan menguji keefektifan produk tersebut. Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini mengembangan penilaian kinerja untuk karyawan security di BATOS yang berorientasi kepada customer service competency. Pelaksanaan perancangan pengembangan penilaian kinerja didahului dengan membuat analisis jabatan untuk karyawan security di BATOS dan wawancara Behavioral Event Interview ( BEI ). Peneliti mengumpulkan data dengan menggunakan wawancara dan angket. Data yang diperoleh dari wawancara kemudian dikoding untuk memudahkan dalam analisis. Uji kelayakan dalam penelitian ini dilakukan melalui wawancara dengan Chief Security dan angket yang diisi 21 karyawan security dan 3 ketua regu ( KARU ).     Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa customer service competency yang disusun oleh peneliti terdiri dari tiga sub kompetensi yaitu komunikasi, pencegahan dini, dan penanganan masalah. Dalam setiap sub kompetensi terdapat lima skala yang menjelaskan perilaku yang tampak dari security dalam menjalankan tugas dan kewajibannya dalam bekerja, dari mulai skala satu yang artinya perilaku yang tidak baik sampai dengan skala lima yang artinya perilaku yang baik. Dalam setiap skala terdapat indikator perilaku yang menjabarkan perilaku yang tampak dalam skala.     Berdasarkan hasil wawancara dengan chief security dan dari angket yang diisi oleh seluruh karyawan security penilaian kinerja yang berorientasi customer service competency yang dibuat oleh peneliti sudah cukup baik, karena sudah mencakup dari job desc karyawan security. Penilaian kinerja yang berorientasi customer service competency seperti yang disusun oleh peneliti bisa digunakan sebagai pelengakap untuk penilaian kinerja yang sudah dimliki oleh pihak BATOS. Saran dalam penelitian ini ditujukan kepada pihak BATOS terutama chief security, dengan adanya penelitian ini diharapkan chief security mampu menerapkan penilain kinerja berorientasi customer service competency pada karyawan security di BATOS dengan baik. Kompetensi ini bisa dijadikan pelengkap penilaian kinerja yang ada sebelumnya, agar kinerja yang dihasilakan oleh security semakin meningkat. Sedangkan untuk peneliti lain, diharapkan mampu melanjutkan penelitian dengan menyusun kompetensi untuk penilaian kinerja yang lebih baik. Kompetensi yang disusun lebih banyak dan kompetensi yang dibuat bisa diaplikasikan selama satu bulan sehingga penilaian yang dihasilkan lebih obyektif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Pendidikan Psikologi (FPPsi) > Jurusan Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 May 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/100911

Actions (login required)

View Item View Item