Kemampuan pragmatik dalam percakapan bahasa Indonesia anak TK Permata Bunda Malang <BR>oleh Naylis Saadah

Saadah, Naylis (2001) Kemampuan pragmatik dalam percakapan bahasa Indonesia anak TK Permata Bunda Malang <BR>oleh Naylis Saadah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kemampuanp ragmatika tauk eterampilanp ragmatika dalahk emampuan menggunakabna hasas esuaid engank onteksnyab, aik konteksl inguistik maupunyangte rutama-kontekesk stral inguistrk.P enelitis ebelurnnyate lah menemukan prosepse merolehana taup enguasaatnin dak tutur atau fungsi-fungsbi ahasas ecara alamiahY. angd irnaksudp emerolehans ecaraa lamiaha dalahp rosesp enguasaan fungsi-tungsbia hasar nelaluik eterlibatanp embelajard alamb erbagaip eristiwa komunikasdi enganc aram elakukanp ercakapans ecaral angsungd engano rang dewasyaa ngb eradad isekitarnya. Subjeky angd iteliti dalam penelitiani ni adalaha naky angb ersekolahd i TarnanK anak-kanakP ermataB unday angd uduk di kelasn ol kecil. Penelitian ini dilakukan di Taman Kanak-kanak Permata Bunda, tanggal 2 Mei salnpaid engan3 April 2001.R ancanganp enelitiany angd igunakana dalah rancangapne nelitiank ualitatif, yang bersifatd eskriptif,d engant idak mernberi perlakuante rhadaps ubjekp enelrtianD. ata dipaparkans epertia slinya. Hasil penelitianm enunjukkanb ahwaa nak usiap rasekolahte lah menguasai sepuluhrn acamje nis kernampuanp ragmatiky aitu: (1) menyatakanin forrnasi,' (2) memintai nformasi,( 3) menyatakans etuju,( 4) menyatakanp ermintaanm aaf, (5) rnernberpi erintah,( 6) rnemberis arand an nasehat(, 7) rnenyatakanik ut bergernbira(,8 ) rnenyatakank esirnpulan(, 9) rnenyatakanp enolakan, ( 10 ) menyatakanp ennintaan. Bentuk-bentuktu turany ang dipergunakano leh anakd alam sepuluh kenrampuanp ragrnatiky angd ikLrasainydaa patd lielaskans ebagabi elikut: i i i l v (a)k ernampuanp ragnatik rnenyatakani nfonnasi disarnpaikano leh anak dengan menggunakakna limat berita untuk menerangkanb endam iliknya, keadaans, erta lokasi(,b ) kernampuanp ragmatikm emintai nformasi disampaikano leh anakd engan menggunakain tonasi tanya, padanank ata mensapa,m enggunakank ata tunjuk ini dank atat anyad imanad an rnanas ih, (c) kemampuanp ragrnatikr nenyatakans etuju disampaikaonle h anakd enganm enggunakank atay 4, (d) kemampuanp ragmatik rnenyatakapne nnintaanm aafanak rnenggunakabne ntukt uturany ang cenderung digunakadne nganr nenggunakanka ta rnaafataud enganr esponv erbal, (e)k ernarnpuapnr agrnatiku ntuk rnemberip erintahd isarnpaikano leh anakd engarr menggunakakna lirnatp erintah,( f) kemarnpuanp ragnatik rnernberis arana tau nasehaatn akc enderungm enggunakanb entukt uturany angb erupak alirnatl terita, (g)k emampuanp ragmatiky ang menyatakanik ut bergembirad isampaikano leh anak denganm enggunakanka ta selarnat(, h) kemanrpuanp ragrnatiku ntuk rnenyatakan kesimpuladni sampaikano leh anakd enganr nenggunakanka ta iadi, (i) kernarnpuan pragrnatirkn enyatakanp enolakana dad ua macarnb entuky aitu penolakanla ngsung rnenggunakakna ta negak,s edangkand alam penolakant idak langsunga nak menggunakaanla sany angb erisi penolakan,( ) kemanrpuanp ragmatik menyampaikapne rmintaana, nakc enderungm enggunakanb entukt uturanb erupa kalimatp ermintaanti dak lanssuns.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Aug 2001 04:29
Last Modified: 09 Sep 2001 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/10090

Actions (login required)

View Item View Item