Hubungan efikasi diri dengan prokrastinasi akademik pada siswa SMA Islam Diponegoro Wagir Malang / Lyna Martyana - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan efikasi diri dengan prokrastinasi akademik pada siswa SMA Islam Diponegoro Wagir Malang / Lyna Martyana

Martyana, Lyna (2013) Hubungan efikasi diri dengan prokrastinasi akademik pada siswa SMA Islam Diponegoro Wagir Malang / Lyna Martyana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Martyana Lyna. 2013. Hubungan Efikasi Diri Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Siswa SMA Islam Diponegoro Wagir Malang. Skripsi Jurusan Psikologi Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Sri Weni Utami M. Si (II) Drs. Mohammad Bisri M. Si Kata Kunci efikasi diri prokrastinasi akademik siswa SMA Islam Diponegoro Wagir Malang. 12288 12288 12288 12288 Era teknologi yang serba canggih saat ini memerlukan semangat berkompetisi kecepatan dan keunggulan manusia dalam bidangnya masing-masing. Siswa SMA diharapkan menggunakan waktu dengan efektif sehingga efisiensi waktu menjadi sangat penting namun sampai sekarang masih dijumpai perilaku prokrastinasi akademik yang bisa menurunkan prestasi. Oleh sebab itu perlu peningkatan akan efikasi diri siswa. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui efikasi diri pada siswa SMA Islam Diponegoro Wagir Malang. (2) mengetahui prokrastinasi akademik pada siswa SMA Islam Diponegoro Wagir Malang. (3) mengetahui hubungan antara efikasi diri dengan prokrastinasi akademik pada siswa SMA Islam Diponegoro Wagir Malang. 12288 12288 12288 12288 Rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan korelasional. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMA Islam Diponegoro Wagir Malang sebanyak 90 orang yang terdiri dari 51 siswa kelas X dan 39 siswa kelas XI. Instrumen penelitian terdiri dari skala efikasi diri dan skala prokrastinasi akademik. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis korelasi product moment pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa SMA Islam Diponegoro Wagir Malang memiliki efikasi diri pada kategori sedang yaitu sebanyak 60 orang (67%) dari 90 orang subjek sebagian besar siswa SMA Islam Diponegoro Wagir Malang memiliki prokrastinasi akademik pada kategori sedang sebanyak 56 orang (62%) dari 90 orang subjek. Selain itu terdapat hubungan negatif yang signifikan antara efikasi diri dengan prokrastinasi akademik pada siswa SMA Islam Diponegoro Wagir Malang dengan rxy -0 547. Hal ini menunjukkan bahwa semakin meningkat efikasi diri maka prokrastinasi akademik akan semakin menurun dan begitupun sebaliknya. Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan (1) Bagi siswa SMA Islam Diponegoro mengatur mengolah aktivitasnya dan yakin pada kemampuan sendiri agar mampu mengerjakan tugas khususnya tugas akademik sehingga selesai pada waktunya (2) Bagi guru Bimbingan dan Konseling SMA Islam Diponegoro Wagir Malang mengawasi dan membimbing kegiatan siswa dalam menyelesaiakan tugas akademik serta memberikan pelatihan untuk meningkatkan efikasi diri siswa dalam format yang sesuai dengan strategi pengubahan sumber ekspektasi menurut teori Bandura (3) Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat sebagai acuan untuk mengembangkan penelitian tentang efikasi diri dan prokrastinasi akademik dengan metode penelitian kualitatif sehingga nantinya bisa dijadikan pelengkap maupun bisa dibandingkan hasilnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Aug 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/100889

Actions (login required)

View Item View Item