Belief pembentuk kepemimpinan para pemimpin organisasi mahasiswa di Universitas Negeri Malang / Dyah Ayu Suwitaningrum - Repositori Universitas Negeri Malang

Belief pembentuk kepemimpinan para pemimpin organisasi mahasiswa di Universitas Negeri Malang / Dyah Ayu Suwitaningrum

Suwitaningrum, Dyah Ayu (2013) Belief pembentuk kepemimpinan para pemimpin organisasi mahasiswa di Universitas Negeri Malang / Dyah Ayu Suwitaningrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Suwitaningrum Dyah Ayu. 2013. Belief Pembentuk Kepemimpinan Para Pemimpin Organisasi Mahasiswa di Universitas Negeri Malang (UM). Skripsi Jurusan Psikologi Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Sri Weni Utami M. Si (II) Ninik Setiyowati S. Psi M. Psi Kata Kunci belief kepemimpinan pemimpin ormawa Persaingan dalam mendapatkan jabatan seringkali menuai konflik. Bahkan menjadi pemimpin dikalangan mahasiswa pun tak luput dengan konflik. Seperti fenomena yang terjadi di UM yaitu persaingan mendapatkan jabatan BEM UM. dalam pemilu raya terdapat kecurangan yang dilakukan oleh salah satu calon karena kecurangan tersebut mediasi dilakukan sampai 29 jam namun mediasi tersebut berujung walk out dua calon karena tidak setuju dengan hasil mediasi. Setiap calon pemimpin tersebut memiliki kelompok sendiri dan adanya pengaruh kelompok berdampak pada belief dan perilaku seseorang seperti kasus diatas. Dari fenomena tersebut peneliti memiliki tujuan untuk mengetahui belief yang dimiliki para pemimpin tentang kepemimpinan dan belief pembentuk kepemimpinan sehingga mereka merasa percaya diri mampu untuk menjadi pemimpin. Dari belief yang dimiliki membentuk pola perilaku seseorang. Belief kepemimpinan yang membawa pola perilaku kepemimpinan para pemimpin. Peneliti menghubungkan belief yang dimiliki dengan sepuluh hukum pemimpin sukses yang diberikan oleh Newmann (dalam Setiyowati 2008). Pendekatan penelitian yang digunakan adalah studi kasus menggunakan prosedur pengumpulan data wawancara semi terstruktur dan analisis metaphor. Sumber data dalam penelitian ini adalah pemimpin BEM Fakultas di UM yaitu BEM FT BEM FIP BEM FIK BEM FE BEM FPPsi BEM FS. Selain itu peneliti juga menggunakan significant others sebagai pengecekan keabsahan temuan yaitu pengurus bem. Dalam penelitian ini kehadiran peneliti diketahui informan sepenuhnya sebagai peneliti. Setelah data terkumpul dilakukan analisis data menggunakan teknik analisi tematik. yang sebelumnya telah dilakukan koding. Hasil penelitian menunjukkan empat dari enam subjek memiliki dua pembentuk belief kepemimpinan (pemimpin BEM FIP FS descriptive dan informational belief. Pemimpin BEM FIK FE descriptive dan inferential belief) dari belief tersebut subjek mampu menerapkan tujuh hukum dari sepuluh hukum pemimpin sukses. Satu subjek hanya memiliki satu pembentuk belief yaitu descriptive belief. Dari belief yang dimiliki subjek hanya menerapkan tiga dari sepuluh hukum pemimpin sukses. Selain itu terdapat satu subjek yang memiliki dua pembentuk belief kepemimpinan namun subjek hanya menerapkan empat dari sepuluh hukum pemimpin sukses ini dikarenakan subjek termasuk pemimpin organisasi yang baru dibentuk. Peneliti menyarankan memakai subjek penelitian pemimpin sebuah organisasi yang lebih tinggi seperti pemimpin sebuah perusahaan. Sehingga bisa menemukan dinamika belief yang lebih bervariasi dan memiliki pembentuk belief yang lengkap.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Aug 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/100880

Actions (login required)

View Item View Item