Hubungan antara kohesivitas kelompok dan motivasi kerja karyawan BRI Kantor Cabang Malang Martadinata / Muniroh - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara kohesivitas kelompok dan motivasi kerja karyawan BRI Kantor Cabang Malang Martadinata / Muniroh

Muniroh (2013) Hubungan antara kohesivitas kelompok dan motivasi kerja karyawan BRI Kantor Cabang Malang Martadinata / Muniroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Muniroh. 2013. Hubungan Antara Kohesivitas Kelompok dan Motivasi Kerja Karyawan BRI Kantor Cabang Malang Martadinata. Skripsi Jurusan Psikologi Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Fattah Hanurawan M.Si M.Ed. (II) Diantini Ida Viatrie S.Psi M.Si. Kata Kunci kohesivitas kelompok motivasi kerja. 12288 12288 12288 12288 Karyawan dipandang sebagai sumber daya yang sangat penting dan perlu mendapatkan perhatian khusus karena karyawan adalah sebagai salah satu penunjang suatu organisasi untuk mencapai tujuan organisasi. Motivasi kerja adalah kesediaan untuk mengeluarkan tingkat upaya yang tinggi kearah tujuan organisasi yang dikondisikan oleh kemampuan upaya itu untuk memenuhi suatu kebutuhan individual. Dalam dunia industri dan organisasi karyawan dituntut untuk dapat bekerja dalam tim dan untuk kelancaran kerja tim itu sendiri tidak terlepas dari adanya kohesivitas terhadap kelompok. Kohesivitas kelompok adalah tingkat dimana para anggota kelompok saling tertarik satu sama lain dan termotivasi untuk tetap tinggal di dalam kelompok tersebut. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dan korelasional dengan sampel berjumlah 34 karyawan BRI kantor cabang Malang Martadinata yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah skala kohesivitas kelompok dan skala motivasi kerja. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif dan analisis product moment Pearson. 12288 12288 12288 12288 Hasil deskriptif menunjukkan bahwa karyawan BRI kantor cabang Malang Martadinata mempunyai kohesivitas kelompok yang rendah hal ini dilihat dari hasil analisis deskriptif dengan menggunakan skor-T. Sedangkan untuk motivasi kerja karyawan BRI kantor cabang Malang Martadinata mempunyai motivasi kerja yang rendah hal ini dilihat dari hasil analisis deskriptif dengan menggunakan skor-T. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara kohesivitas kelompok dengan motivasi kerja pada karyawan BRI kantor cabang Malang Martadinata ( 0 775 dan p 0 000 0 05) artinya semakin tinggi kohesivitas kelompok maka semakin tinggi pula motivasi kerja yang dimiliki dan sebaliknya semakin rendah kohesivitas kelompok maka semakin rendah pula motivasi kerja. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan kepada (1) karyawan lebih mempererat hubungan antar karyawan (2) perusahaan memberikan team building training menerapkan brainstorming dan melakukan recruitment karyawan sesuai kemampuan (3) penelitian selanjutnya dapat membahas variabel lain yang berhubungan dengan motivasi kerja selain kohesivitas kelompok.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/100875

Actions (login required)

View Item View Item