Rohmati'a, Asy Nurida (2012) Hubungan antara tipe kepribadian dan kecenderungan penggunaan gaya mengajar pada guru Taman Kanak-kanak / Asy Nurida Rohmati'a. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci tipe kepribadian gaya mengajar Tipe kepribadian adalah keseluruhan pola tingkah laku yang relatif permanen dengan kecenderungan karakteristik khas yang stabil serta menjadi individualitas bagi perilaku seseorang. Kepribadian dalam diri seseorang dapat mempengaruhi tingkah laku individu tersebut. Dalam penelitian ini kepribadian yang diteliti yaitu introvert dan ekstravert. Gaya mengajar adalah suatu cara melaksanakan pengajaran yang ditampilkan oleh guru dan cenderung konsisten. Gaya mengajar dalam penelitian ini yaitu teacher centered dan student centered. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara tipe kepribadian dan kecenderungan penggunaan gaya mengajar pada guru Taman Kanak-kanak. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Subyek penelitian ini adalah guru yang mengajar di TK yang berada di Kecamatan Jetis Kabupaten Mojokerto sebanyak 56 orang. Teknik pengambilan sampel adalah cluster sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah EPI-A Adaptasi Indonesia dan skala gaya mengajar. EPI-A Adaptasi Indonesia terdiri dari 56 aitem dengan reliabilitas 0 862 dan skala gaya mengajar terdiri dari 32 aitem dengan reliabilitas 0 907. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif dan analisis korelasi product moment Pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru TK di Kecamatan Jetis Kabupaten Mojokerto lebih banyak yang memiliki tipe kepribadian ekstravert. Dan guru TK di Kecamatan Jetis Kabupaten Mojokerto lebih banyak yang memiliki kecenderungan menggunakan gaya mengajar student centered. Uji hipotesis menyimpulkan terdapat hubungan positif antara tipe kepribadian dan kecenderungan gaya mengajar pada guru TK di Kecamatan Jetis Kabupaten Mojokerto (rxy 0 363 p 0 006 0 05). Hal ini dapat diartikan bahwa guru dengan tipe kepribadian ekstravert memiliki kecenderungan menggunakan gaya mengajar student centered dan guru dengan tipe kepribadian introvert memiliki kecenderungan gaya mengajar teacher centered. Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan (1) bagi keilmuan diharapkan untuk mengembangkan pembelajaran teacher centered (2) bagi sekolah diharapkan mengadakan pelatihan mengenai pembelajaran yang sesuai dengan paradigma pendidikan saat ini yaitu pembelajaran student centered (3) bagi guru diharapkan menggunakan gaya mengajar yang lebih sesuai dengan tuntutan dan kurikulum agar pencapaian tujuan pembelajaran dapat ditingkatkan (4) bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan variabel yang diteliti memperluas wilayah dan tingkat sekolah yang berbeda misal guru SD SMP atau SMA agar diperoleh keanekaragaman pengetahuan dari penelitian yang berbeda.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 15 Aug 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/100836 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |