Perbedaan tingkat niat perilaku agresi mengemudi antara sopir bus dan sopir minibus Malang-Surabaya / Gangsar Septa P.H - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan tingkat niat perilaku agresi mengemudi antara sopir bus dan sopir minibus Malang-Surabaya / Gangsar Septa P.H

Hidayanta, Gangsar Septa Putra (2012) Perbedaan tingkat niat perilaku agresi mengemudi antara sopir bus dan sopir minibus Malang-Surabaya / Gangsar Septa P.H. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Niat Perilaku Agresi Mengemudi Sopir Bus Sopir Minibus Banyaknya kasus kecelakaan pada bus dan minibus disebabkan oleh sopir yang berperilaku agresi mengemudi. Perilaku agresi mengemudi dipengaruhi oleh niat dari setiap individu. Semakin besar niat pengemudi (sopir) mengemudi secara agresi maka kecenderungan untuk menampilkan tingkah laku mengemudi secara agresi akan semakin besar. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui tingkat niat perilaku agresi mengemudi sopir bus 2) mengetahui tingkat niat perilaku agresi mengemudi sopir minibus 3) mengungkap perbedaan tingkat niat perilaku agresi mengemudi antara sopir bus dan sopir minibus Malang-Surabaya. Rancangan pada penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dan komparatif. Pada penelitian ini menggunkan skala Niat Perilaku Agresi Mengemudi yang dikembangkan dengan metode Skala Diferensiasi Semantik. Teknik validitas yang digunakan pada penelitian ini adalah validitas internal dan Reliabelitas yang digunakan adalah rumus Koefisien alpha. Populasi penelitian ini adalah sopir bus dan sopir minibus sampel dalam penelitian ini yaitu 60 orang sopir dengan 30 sopir bus dan 30 sopir minibus rute Malang-Surabaya. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive accidental sampling. Pengambilan sampel dilakukan di terminal Arjosari Malang. Dari 60 orang sopir sebanyak 2 sopir memiliki tingkat niat perilaku agresi mengemudi kategori sangat tinggi 20 sopir kategori tinggi 19 sopir kategori sedang 15 sopir kategori rendah 4 sopir kategori sangat rendah. Secara terpisah 1) tingkat niat perilaku agresi mengemudi sopir bus sebagian besar kategori sangat rendah Sedangkan 2) tingkat niat perilaku agresi mengemudi sopir minibus sebagian besar kategori sedang. Berdasarkan analisa komparatif bahwa 3) ada perbedaan tingkat niat perilaku agresi mengemudi antara sopir bus dan sopir minibus dengan hasil uji-t 2 851 p 0 006 0 05. Bagi Sopir Bus dan Sopir Minibus diharapkan melakukan pemeriksaan baik terhadap mesin maupun perlengkapan lainnya sebelum mengemudi dan mematuhi peraturan lalu-lintas bagi pimpinan perusahaan angkutan umum diharapkan melengkapi alat keselematan kendaraan melakukan pemeriksaan dan perawatan terhadap kendaraan secara berkala dan memberikan pelatihan kepada para sopir tentang mengemudi yang aman Bagi Dinas Perhubungan dan Kepolisian Keamanan Lalu-Lintas diharapkan melakukan pengecekan kelayakan atau uji KIR pada angkutan umum dan memberikan pelatihan pada sopir untuk mengemudi secara aman bagi peneliti selanjutnya diharapkan agar lebih memperluas subyek penelitian dan memperhatikan variabel-variabel lain dan factor-faktor yang mempengaruhi niat perilaku agresi mengemudi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/100835

Actions (login required)

View Item View Item