Analisis pengaruh dimensi kualitas produk terhadap kepuasan dan dampaknya terhadap loyalitas pelanggan TELKOMSEL (studi pada mahasiswa Universitas Negeri Malanag) / Brahmantyo Rezky - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis pengaruh dimensi kualitas produk terhadap kepuasan dan dampaknya terhadap loyalitas pelanggan TELKOMSEL (studi pada mahasiswa Universitas Negeri Malanag) / Brahmantyo Rezky

Rezky, Brahmantyo (2012) Analisis pengaruh dimensi kualitas produk terhadap kepuasan dan dampaknya terhadap loyalitas pelanggan TELKOMSEL (studi pada mahasiswa Universitas Negeri Malanag) / Brahmantyo Rezky. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci dimensi kualitas produk kepuasan pelanggan loyalitas pelanggan. Paradigma pemasaran saat ini adalah customer oriented. Hal ini menjadikan kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan sebagai hal yang ingin diraih setiap pelaku insdustri. Setiap pelaku industri berusaha menciptakan kepuasan dan loyalitas pelanggan dengan terus memperbaiki setiap dimensi kualitas produknya yang terdiri dari kinerja interaksi pegawai reliabilitas/konsistensi kinerja daya tahan ketepatan waktu dan kenyamanan estetika kesadaran akan merek. Penelitian ini menggunakan analisis jalur untuk mencari pengaruh antara dimensi kualitas produk yang terdiri dari kinerja interaksi pegawai reliabilitas/konsistensi kinerja daya tahan ketepatan waktu dan kenyamanan estetika kesadaran akan merek terhadap kepuasan pelanggan dan dampaknya terhadap loyalitas pelanggan Telkomsel. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Negeri Malang yang menggunakan kartu prabayar Telkomsel (simPati dan As). Subyek penelitian berjumlah 355 diambil dengan metode cluster sampling dari tiga fakultas (Fakultas Ilmu Pendidikan Fakultas Ilmu Sosial dan Fakultas MIPA) dimana dari tiga fakultas tersebut diwakili dua program studi dan setiap program studi diwakili oleh dua kelas. Skala yang disajikan dalam penelitian ini menggunakan model penskalaan Likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor tingkat kinerja interaksi pegawai konsistensi kinerja daya tahan ketepatan waktu dan kenyamanan estetika kesadaran akan merek kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan tergolong tinggi. Analisis jalur menunjukkan bahwa pengaruh antara kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan signifikan dengan koefisien jalur 0 322 interaksi pegawai dan estetika memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan Telkomsel dengan koefisien jalur masing-masing 0 512 dan 0 210. Hal ini menunjukkan bahwa semakin baik interaksi pegawai dengan pelanggan dan juga semakin tinggi estetika produk Telkomsel maka semakin tinggi tingkat kepuasan pelanggan yang juga akan berdampak pada semakin tingginya loyalitas pelanggan Telkomsel. Perhitungan ketepatan model menghasilkan angka 63 3% yang berarti bahwa kontribusi model untuk menjelaskan hubungan struktural dari ketujuh variabel yang diteliti adalah sebesar 63 3% dan sisanya dijelaskan oleh variabel lain yang tidak terlibat di dalam model. Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada perusahaaan untuk melakukan pelatihan pelayanan prima secara berkala terus memperbaiki desain produk dan juga fasilitas kantor pelayanan sehingga diharapkan mampu menciptakan kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 02 Apr 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/100822

Actions (login required)

View Item View Item