Hubungan kepercayaan diri dengan pengungkapan diri siswa sma terbuka Kepanjen / Hari Deka Saputra - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan kepercayaan diri dengan pengungkapan diri siswa sma terbuka Kepanjen / Hari Deka Saputra

Saputra, Hari Deka (2012) Hubungan kepercayaan diri dengan pengungkapan diri siswa sma terbuka Kepanjen / Hari Deka Saputra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Kepercayaan diri Pengungkapan Diri Remaja SMA Terbuka Seorang remaja akan mencari format yang tepat untuk membentuk identitas dirinya. Remaja yang dalam pencarian identitas diri diharapkan membentuk kemampuan mengevaluasi diri akan menumbuhkan perasaan untuk dapat menghargai diri yang akhirnya akan membentuk kepercayaan diri. Remaja yang memiliki kepercayaan diri akan memiliki rasa optimis dan penuh harapan dalam masa depannya. Serta mampu mengungkapkan tetang pribadi nya kepada orang lain yang disebut pengungkapan diri. Remaja perlu melakukan pengungkapan diri sebagai salah satu sikap yang harus dimiliki agar mereka dapat diterima dalam lingkungan sosialnya. Di dalam usia sekolah kepercayaan diri dan pengungkapan diri akan sangat berguna bagi remaja. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk 1) mendeskripsikan kepercayaan diri siswa SMA Terbuka Kepanjen. 2) mendeskripsikan pengungkapan diri siswa SMA Terbuka Kepanjen. 3) mengetahui hubungan kepercayaan diri dan pengungkapan diri remaja siswa SMA Terbuka Kepanjen. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah kepercyaan diri variabel terikatnya adalah pengungkapan diri. Rancangan penelitian yang dilakukan adalah uji analisis deskriptif dan korelasional. Penelitian dilakukan dengan menggunakan skala kepercayaan diri dan skala pengungkapan diri. Populasi penelitian adalah siswa SMA Terbuka sejumlah 108. Sedangkan sampel penelitian sejumlah 50 siswa. Skala kepercayaan diri memiliki nilai r xy antara - 0 186-0 597 dengan reliabilitas 0 901. Skala pengungkapan diri memiliki nilai r xy antara -0 219-0 645 dengan reliabilitas 0 852. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling yaitu dengan mengambil sampel dengan memberikan kesempatan sama setiap anggota populasi tersebut. Sampel yang digunakan sebanyak 50 siswa. Analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi product moment dari Pearson. Hasil penelitian menunjukkan 1) kepercayaan diri siswa SMA Terbuka sebagian besar berada dalam kategori sedang sebanyak. 2) pengungkapan diri siswa SMA Terbuka sebagian besar berada dalam kategori sedang sebanyak. 3) Ada hubungan antara kepercayaan diri terhadap pengungkapan diri remaja dengan nilai r 0 463 nilai p 0 001 0 05 menunjukkan bahwa semakin tinggi kepercayaan diri maka semakin tinggi pengungkapan diri. Dari hasil penelitian dapat disarankan kepada orang tua untuk memberikan penghargaan terhadap apa yang dilakukan anak serta bagi pihak sekolah diharapkan memberikan pelatihan dan bimbingan kepada siswanya. Siswa yang bersangkutan sendiri disarankan mengikuti kegiatan organisasi atau ekstrakurikuler agar sering bersosialisasi. Serta peneliti selanjutnya yang berminat mengkaji masalah ini menggunakan metode penelitian kualitatif sehingga di dapatkan kondisi kehidupan subjek.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Feb 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/100816

Actions (login required)

View Item View Item