Annisa, Elis (2012) Hubungan antara gaya pengasuhan otoritatif dan self esteem pada siswa SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang / Elis Annisa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Gaya Pengasuhan Otoritatif Self Esteem Siswa menunjukkan sikap mudah putus asa terhadap kesulitan yang dihadapi saat belajar. Hal ini menandakan self esteem yang rendah. Gaya pengasuhan otoritatif memiliki peran dalam membentuk self esteem siswa. Penelitian pada subjek 170 siswa SMA Laboratorium UM bertujuan untuk mengetahui (1) tingkat gaya pengasuhan otoritatif dari orang tua siswa SMA Laboratorium UM (2) tingkat self esteem siswa SMA Laboratorium UM dan (3) hubungan antara gaya pengasuhan otoritatif dan self esteem pada siswa SMA Laboratorium UM. Penelitian ini bersifat deskriptif dan korelasional dengan teknik pengambilan sampel cluster random sampling. Gaya pengasuhan otoritatif diukur dengan Skala Gaya Pengasuhan Otoritatif model Likert dan self esteem diukur menggunakan Coopersmith Self Esteem Inventory yang telah diadaptasi. Dari perhitungan reliabilitas Skala Gaya Pengasuhan Otoritatif diperoleh hasil sebesar 0 947dan reliabilitas Skala Self Esteem sebesar 0 922. Perhitungan reliabilitas menggunakan formula reliabilitas internal Alpha Cronbach. Data dianalisis menggunakan korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) sebagian besar siswa diasuh dengan tingkat gaya pengasuhan otoritatif yang tinggi (61 77%) (2) sebagian besar siswa memiliki tingkat self esteem yang tinggi (56 47%) (3) ada hubungan positif dan signifikan antara gaya pengasuhan otoritatif dengan self esteem pada siswa SMA Laboratorium UM dengan tingkat hubungan cukup (rxy 0 523 dan p 0 000
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 15 Feb 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/100812 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |