Faktor-faktor yang melatarbelakangi pengambilan keputusan pembelian pada konsumen Smartphone Blackberry / Gilang Ayu Anggraini - Repositori Universitas Negeri Malang

Faktor-faktor yang melatarbelakangi pengambilan keputusan pembelian pada konsumen Smartphone Blackberry / Gilang Ayu Anggraini

Anggraini, Gilang Ayu (2012) Faktor-faktor yang melatarbelakangi pengambilan keputusan pembelian pada konsumen Smartphone Blackberry / Gilang Ayu Anggraini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Faktor-Faktor Pengambilan Keputusan Pembelian Smartphone Blackberry Komunikasi merupakan salah satu kebutuhan penting bagi kehidupan manusia sehingga seiring perkembangan jaman telah diciptakan berbagai alat komunikasi untuk memudahkan pengiriman informasi jarak jauh maupun dekat. Smartphone Blackberry menjadi alat komunikasi yang digemari konsumen sehingga menciptakan trend di tengah maraknya merk ponsel yang sudah lebih dulu muncul. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan beberapa hal untuk mengetahui faktor-faktor yang melatarbelakangi pengambilan keputusan pembelian pada konsumen Smartphone Blackberry di Malang mengetahui besar sumbangan masingmasing faktor. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Variabel penelitian ini adalah 19 faktor yang melatarbelakangi pengambilan keputusan pembelian pada konsumen menurut Engel Blackwell dan Miniard (1995). Pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan teknik Accidental sampling. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa skala yaitu Skala Pengambilan Keputusan Pembelian Smartphone Blackberry. Sample penelitian ini adalah 100 konsumen Smartphone Blackberry di kota Malang. Berdasarkan hasil analisis data tersebut diperoleh 2 kesimpulan hasil penelitian sebagai berikut. Pertama diketahui terdapat 5 faktor yang melatarbelakangi pengambilan keputusan pembelian. Meliputi faktor representasi diri faktor konsep diri faktor kebutuhan dan kemampuan faktor budaya dan faktor referensi pergaulan. Kedua Masing-masing faktor hasil analisis member sumbangan yaitu faktor representasi diri sebesar 36 155% faktor kontrol diri sebesar 9 455% faktor kebutuhan dan kemampuan sebesar 7 175% faktor budaya sebesar 6 521% dan faktor lingkungan sosial sebesar 5 358%. Disarankan pada konsumen membeli suatu produk komunikasi memerlukan pertimbangan mengenai manfaat produk tersebut serta kondisi keseharian dan keuangan. Dengan membeli produk yang tepat manfaat yang diperoleh pun akan lebih maksimal. Menggunakan produk komunikasi sebaiknya diimbangi dengan silaturahmi secara langsung untuk menjaga kualitas hubungan dengan siapapun tetap baik. Apabila peneliti selanjutnya tertarik untuk meneliti topik yang sejenis sebaiknya menggunakan subyek dengan latar belakang sosiokultural yang berbeda serta metode penelitian lain agar hasilnya dapat dibandingkan dengan penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jan 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/100811

Actions (login required)

View Item View Item