Hubungan pengendalian diri dan kecenderungan perilaku konsumtif pada remaja akhit putri / Astria Wardani Nanda Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan pengendalian diri dan kecenderungan perilaku konsumtif pada remaja akhit putri / Astria Wardani Nanda Sari

Sari, Astria Wardani Nanda (2011) Hubungan pengendalian diri dan kecenderungan perilaku konsumtif pada remaja akhit putri / Astria Wardani Nanda Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci pengendalian diri kecenderungan perilaku konsumtif remaja akhir putri. Pengendalian diri merupakan kemampuan berfikir rasional untuk mengendalikan emosi dan mengatur tingkah laku impulsif. Permasalahan yang timbul pada remaja akhir putri terkait dengan peningkatan penampilan dalam memenuhi persiapan masa dewasa banyaknya sejumlah mall pusat perbelanjaan maupun expo atau yang lebih dikenal dengan bazar yang menawarkan barang-barang shopping goods mempermudah remaja akhir putri untuk memiliki kecenderungan perilaku konsumtif.. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pengendalian diri remaja akhir putri mengungkap kecenderungan perilaku konsumtif remaja akhir putri dan mengungkap hubungan pengendalian diri dan kecenderungan perilaku konsumtif pada remaja akhir putri. Hipotesis dalam penelitian ini adalah ada hubungan negatif antara pengendalian diri dan kecenderungan perilaku konsumtif pada remaja akhir putri. Penelitian yang dilakukan dengan menggunakan rancangan penelitian deskripsi korelasional. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa fakultas ekonomi Universitas Negeri Malang. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel yang digunakan adalah 55 remaja akhir putri dengan karakteristik mahasiswa mandiri dan reguler fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang berjenis kelamin perempuan dan belum bekerja. Instrumen penelitian ini adalah skala pengendalian diri dan skala kecenderungan perilaku konsumtif. Skala pengendalian diri memiliki nilai validitas 0 0373-0 745dengan reliabilitas 0 720. Skala kecenderungan perilaku konsumtif memiliki nilai validitas 0 409-0 719. Hasil penelitian pada remaja akhir putri menunjukkan 12 73% memiliki tingkat pengedalian diri tinggi 67 27% memiliki tingkat pengendalian diri sedang 20% memiliki tingkat pengendalian diri rendah. dan 9 09 memiliki kecenderungan perilaku konsumtif tinggi 72 73% memiliki kecenderungan perilaku konsumtif sedang 18 18% memiliki kecenderungan perilaku konsumtif rendah. Ada hubungan negatif antara pengendalian diri dan kecenderungan perilaku konsumtif pada remaja akhir putri (r -0 403) nilai p 0 002 dengan taraf signifikansi 0 05). Saran yang bisa disampaikan untuk penelitian selanjutnya dengan mengembangkan populasi dan jumlah sampel serta mengembangkan alat tes yang mampu mengukur lebih mendalam sehingga dapat tercapai hasil yang optimal dan representatif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Aug 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/100770

Actions (login required)

View Item View Item