Keefektifan kalimat dalam Teks laporan hasil observasi karangan siswa kelas VII SMP Negeri 3 Malang / Setiyawati Ayu Wulandari - Repositori Universitas Negeri Malang

Keefektifan kalimat dalam Teks laporan hasil observasi karangan siswa kelas VII SMP Negeri 3 Malang / Setiyawati Ayu Wulandari

Wulandari, Setyawati Ayu (2016) Keefektifan kalimat dalam Teks laporan hasil observasi karangan siswa kelas VII SMP Negeri 3 Malang / Setiyawati Ayu Wulandari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wulandari Setyawati Ayu. 2015. Keefektifan Kalimat dalam Teks Laporan Hasil Observasi Karangan Siswa SMPN 3 Malang. Skripsi Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Anang Santoso M.Pd. (II) Dr. Sunaryo Hs. S.H. M.Hum. Kata Kunci kalimat efektif teks laporan hasil observasi Teks laporan hasil observasimerupakan salah satu teks yang diajarkan pa-da Kurikulum 2013.Selain dipelajari pada tingkat sekolah menengah pertama teks laporan hasil observasi juga akandipelajari lebih lanjut oleh siswa pada jen-jang sekolah menengah atas. Oleh karena itu teks laporan hasil observasidiang-gap penting. Teks laporan hasil observasi merupakan teks yang bertujuan untuk menyampaikan informasi faktual mengenai suatu fenomena atau benda secara u-mum. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif.Pendekatan tersebut digunakan karena ingin mendeskripsikan keefektifan dan ke-tidakefektifan kalimat dalam teks laporan hasil observasi karangan siswa kelas VII SMPN 3 Malang tahun pelajaran 2014/2015. Instrumen yang digunakan yaitu panduan (1) penyusunan teks laporan hasil observasi (2) kodifikasi data (3) ana-lisis data dan (4)penyajian data. Hasil penelitian ini sebagai berikut. Pertama banyak ditemukan kalimat efektif pada teks laporan hasil observasi siswa.Dibandingkan aspek kesatuan ga-gasan keparalelan bentuk dan ketepatan penggunaan ejaan penggunaan kalimat efektif berdasarkan aspek kehematan lebih banyak jumlahnya. Kedua pada teks laporan hasil observasi siswa masih sering ditemukan kalimat yang tidak efektif. Kalimat tidak efektif berdasarkanaspek ketepatan penggunaan ejaan lebih banyak jumlahnya daripada aspek kesatuan gagasan keparalelan bentuk dan kehematan kalimat. Banyaknya kalimat efektif yang digunakan menandakan jika siswa kelas VII SMPN 3 Malang sudah dapat mengemas ide atau gagasannya dalam kalimat yang padat. Berdasarkan hasil penelitian diajukan saran kepada tiga pihak. Saran per-tama diajukan bagi guru Bahasa Indonesia. Guru Bahasa Indonesiadisarankan un-tuk memberikan proyek penulisan karya ilmiah dan pelatihan penyuntingan teks kepada siswa secara berkelanjutan. Pemberian proyek tersebut bertujuan untuk mempertajam kemampuan siswa dalam membuat kalimat efektif sehingga siswa siap mempelajari kembali teks laporan hasil observasi pada tenjang sekolah me-nengah atas. Saran kedua diajukan bagi lembaga pendidikan misalnya sekolah.Sekolah disarankan untuk mengadakan lomba penullisan karya ilmiah dan pe-nyuntingan teks secara berkala.Kedua lomba tersebut merupakan tindak lanjut sekaligus acara puncak dari proyek penulisan karya ilmiah dan program pelatihan penyuntingan teks yang diberikan guru. Saran ketiga diajukan kepada peneliti la-in. Peneliti yang hendak melakukan penelitian serupa disarankan untuk memilih fokus yang lebih menarik dan spesifik. Berdasarkan penentuan fokus yang lebih menarik dan spesifik peneliti akan memperoleh hasil penelitian yang unik dan mendalam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/10077

Actions (login required)

View Item View Item