Hubungan antara efikasi diri dan kecemasan terhadap ujian nasional pada siswa kelas XII SMK PGRI 6 Malang / Rakhmaditya Dewi N. - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara efikasi diri dan kecemasan terhadap ujian nasional pada siswa kelas XII SMK PGRI 6 Malang / Rakhmaditya Dewi N.

Noorrizki, Rakhmaditya Dewi (2011) Hubungan antara efikasi diri dan kecemasan terhadap ujian nasional pada siswa kelas XII SMK PGRI 6 Malang / Rakhmaditya Dewi N. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci efikasi diri kecemasan terhadap ujian nasional siswa. Ujian Nasional merupakan salah satu bentuk evaluasi belajar pada akhir tahun pelajaran yang diterapkn pada beberapa mata pelajaran. Ujian Nasional merupakan syarat kelulusan untuk siswa tingkat akhir. Tes yang berperan menentukan lulus atau tidak lulusnya seseorang untuk jenjang pendidikan tertentu berpotensi besar membuat cemas peserta yang mengikutinya. Bayangan buruk seperti tanggapan dari lingkungan sosial malu dan kehilangan muka memperparah efek kecemasan menghadapi tes tersebut. Efikasi memiliki peran yang besar dalam menghadapi masalah supaya kecemasan tidak berlanjut. Efikasi diri dalam belajar adalah penilaian siswa terhadap kemampuan yang dimilikinya dalam mengerjakan tugas sekolah. Siswa dengan efikasi diri tinggi memiliki keyakinan yang besar terhadap kemampuan yang dimilikinya Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara efikasi diri dan kecemasan terhadap Ujian Nasional pada siswa kelas XII SMK PGRI 6 Malang. Penelitian ini berjenis deskriptif dan korelasional pengambilan sampel ditentukan dengan teknik purposive sampling. Alat pengumpul data dalam penelitian ini adalah skala efikasi diri dan skala kecemasan terhadap Ujian Nasional. Berdasarkan hasil analisis deskriptif sebagian besar siswa kelas XII SMK PGRI 6 Malang memiliki efikasi diri tinggi yang rendah dan kecemasan terhadap Ujian Nasional yang sedang. Hasil analisis korelasi product moment menghasilkan koefisien korelasi sebesar rxy -0 462 dengan nilai p 0 002 (p 0 05). Ini berarti dapat disimpulkan bahwa ada hubungan negatif yang signifikan antara efikasi diri dan kecemasan terhadap Ujian Nasional. Dari hasil penelitian ini disarankan kepada orang tua agar dapat meningkatkan efikasi putra-putrinya dengan cara selalu memberikan penghargaan bila memang diperlukan dan mengurangi tuntutan yang berlebihan agar tingkat kecemasan terhadap Ujian Nasional berkurang. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat menjadi referensi dalam melakukan penelitian lebih lanjut dengan memperluas dengan pelatihan efikasi diri siswa untuk mengurangi kecemasan terhadap Ujian Nasional. Bagi pihak sekolah diharapkan agar dapat lebih menignkatkan efikasi diri siswanya engan mengadakan pelatihan efikasi diri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jun 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/100749

Actions (login required)

View Item View Item