Pengaruh motivasi, pembelajaran, dan sikap terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda (Studi pada konsumen sepeda motor honda di kalangan mahasiswa psikologi Universitas Negeri Malang) / Ugik Oktavianto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh motivasi, pembelajaran, dan sikap terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda (Studi pada konsumen sepeda motor honda di kalangan mahasiswa psikologi Universitas Negeri Malang) / Ugik Oktavianto

Oktavianto, Ugik (2011) Pengaruh motivasi, pembelajaran, dan sikap terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda (Studi pada konsumen sepeda motor honda di kalangan mahasiswa psikologi Universitas Negeri Malang) / Ugik Oktavianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pertumbuhan konsumen sepeda motor meningkat luar biasa. Sepeda motor Honda yang sudah lama berada di Indonesia dengan segala keunggulannya tetap mendominasi pasar dan sekaligus memenuhi kebutuhan angkutan yang tangguh irit dan ekonomis di tengah-tengah persaingan yang begitu tajam akibat banyaknya merek pendatang baru. Untuk menghadapi persaingan tersebut produk Honda selalu menciptakan penemuan-penemuan baru yang mana disesuaikan dengan perkembangan jaman dan keinginan dari masyarakat agar produknya tetap laku terjual. Jika berbicara tentang penjualan tentu saja berkaitan dengan konsumen dan perilakunya. Perusahaan tentu akan berusaha meningkatkan penjualan dengan berbagai cara diantaranya memperhatikan faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Motivasi pembelajaran dan sikap adalah determinan penting bagi keputusan pembelian suatu produk. Rancangan penelitian ini adalah penelitian deskriptif korelasional. Subjek penelitian adalah mahasiswa psikologi Universitas Negeri Malang yang berjumlah 40 orang dengan teknik pengambilan subyek purposive. Instrumen pengambilan data berupa skala motivasi pembelajaran sikap dan keputusan pembelian. Data penelitian dianalisis dengan teknik analisis korelasi dan teknik analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada hubungan positif antara motivasi dan keputusan pembelian. Motivasi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian variabel motivasi memberikan Pengaruh sebesar 32% terhadap keputusan pembelian (2) ada hubungan positif antara pembelajaran dan keputusan pembelian. Pembelajaran berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian variabel pembelajaran memberikan Pengaruh sebesar 13 06% terhadap keputusan pembelian (3) ada hubungan positif antara sikap dan keputusan pembelian. Sikap berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian variabel sikap memberikan Pengaruh sebesar 23 64% terhadap keputusan pembelian (4) motivasi pembelajaran dan sikap berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Variabel motivasi pembelajaran dan sikap secara simultan mampu menjelaskan variabel keputusan pembelian sebesar 68 7% selebihnya sebesar 31 3% di jelaskan oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Namun ketika secara bersama-sama variabel motivasi yang lebih berpengaruh terhadap keputusan pembelian dari pada pembelajaran dan sikap. Berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan (1) kepada perusahaaan untuk lebih memperhatikan faktor motivasi dengan demikian perusahaan diharapkan dapat meningkatkan motivasi konsumennya yang saat ini berada di tingkat sedang. Karena jika diperhatikan dengan baik maka motivasi meningkat dan pada akhirnya membuat keputusan pembelian naik menjadi lebih kompleks (2) sedangkan bagi peneliti selanjutnya yang berminat membahas keputusan pembelian disarankan untuk melakukan penelitian secara lebih lengkap dan komprehensif dengan cara menambah variabel-variabel yang mempengaruhi keputusan pembelian

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 May 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/100738

Actions (login required)

View Item View Item