Hubungan perasaan cinta mahasiswa dengan status sosial ekonomi pasangan / Tryanti Octavia - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan perasaan cinta mahasiswa dengan status sosial ekonomi pasangan / Tryanti Octavia

Octavia, Tryanti (2011) Hubungan perasaan cinta mahasiswa dengan status sosial ekonomi pasangan / Tryanti Octavia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci perasaan cinta status sosial ekonomi pasangan. Cinta adalah gabungan dari berbagai perasaan hasrat dan pikiran yang terjadi secara bersamaan sehingga menghasilkan perasaan global. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui (1) perasaan cinta pada pasangan (2) status sosial ekonomi pasangan (3) hubungan perasaan cinta kepada pasangan dengan status sosial ekonomi pasangan. Hipotesis yang dirumuskan adalah ada hubungan antara perasaan cinta kepada pasangan dengan status sosial ekonomi pasangan. Desain yang digunakan adalah korelasional dengan subyek sebanyak 70 mahasiswa UM yang diambil dengan teknik Insidental Sampling. Data status sosial ekonomi pasangan dikumpulkan dengan kuesioner status sosial ekonomi pasangan dan data perasaan cinta pada pasangan dikumpulkan dengan skala perasaan cinta (koefisien validitas item antara 0 312 sampai 0 797 dan koefisien reliabilitas 0 750) kemudian hasilnya diolah menggunakan teknik Korelasi Serial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara perasaan cinta pada pasangan dengan status sosial ekonomi pasangan (rxy 0 275 rtabel 0 232). Artinya semakin tinggi status sosial ekonomi pasangan maka semakin kuat perasaan cinta pada pasangannya sebaliknya semakin rendah status sosial ekonomi pasangan akan semakin lemah perasaan cintanya. Deskripsi data menunjukkan sebanyak 44 orang (62 86%) termasuk kategori status sosial ekonomi tinggi 26 orang (37 14%) termasuk kategori sedang dan tidak ada (0%) termasuk kategori rendah dan mahasiswa yang mempunyai tingkat perasaan cinta terhadap pasangannya termasuk kuat sebanyak 40 orang (57 14%) 26 orang (37 14 %) kategori sedang dan 4 orang (5 72%) kategori lemah. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan bagi mahasiswi apabila menjadikan status sosial ekonomi pasangan sebagai alasan dalam mencintai pasangan ataupun untuk memilih pasangan sebaiknya memperhatikan seluruh aspek status sosial ekonomi terutama pendidikan dan pekerjaan. Sedangkan bagi pasangan mahasiswi sebaiknya meningkatkan status sosial ekonomi dengan menambah tingkat pendidikan atau memperbanyak ilmu lebih menekuni pekerjaan dan menambah penghasilan dikarenakan status sosial ekonomi secara tidak langsung dapat mempengaruhi kuatnya perasaan cinta pasangan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Feb 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/100717

Actions (login required)

View Item View Item