Perbedaan tingkat imaginary audience berdasarkan tahapan perilaku merokok dan tahapan perkembangan remaja di kota Malang / Rakhmi Mashita - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan tingkat imaginary audience berdasarkan tahapan perilaku merokok dan tahapan perkembangan remaja di kota Malang / Rakhmi Mashita

Mashita, Rakhmi (2010) Perbedaan tingkat imaginary audience berdasarkan tahapan perilaku merokok dan tahapan perkembangan remaja di kota Malang / Rakhmi Mashita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Tingkat Imaginary Audience Tahapan Perilaku Merokok Tahapan Perkembangan Remaja. Perilaku merokok yang dilakukan remaja merupakan fenomena memprihatinkan yang banyak terjadi saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan tingkat imaginary audience berdasarkan tahapan perilaku merokok dan tahapan perkembangan remaja. Penelitian ini dilaksanakan dengan rancangan penelitian perkembangan cross-sectional terhadap 300 remaja laki-laki SMP SMA dan Perguruan Tinggi yang mewakili lima kecamatan di Kota Malang yang dipilih dengan metode purposive sampling. Data dikumpulkan dengan skala imaginary audience dan skala tahapan perilaku merokok. Kedua skala tersebut memiliki validitas konsistensi internal setiap item lebih besar dari nilai r-tabel (0.116 sig. 0.05 df 300) dan reliabilitas skala sebesar 0.916 dan 0.957. Data dianalisis dengan uji grafik crosstab-eta test uji beda kruskall-wallist test dan two-sample kolmogrof-smirnov. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan tingkat imaginary audience berdasarkan (1) seluruh tahapan perilaku merokok (chi-square 31.480 Asymp.Sig 0.000) dan juga antar tahapan perilaku merokok (Tahap I Vs Tahap II KS 9.337 Asymp.Sig 0.000 Tahap I Vs Tahap III KS 6.484 Asymp.Sig 0.000 Tahap I Vs Tahap IV KS 21.224 Asymp.Sig 0.000 Tahap II Vs Tahap III KS 2.578 Asymp.Sig 0.000 Tahap II Vs Tahap IV KS 14.039 Asymp.Sig 0.000). ( 2) seluruh tahapan perkembangan remaja (chi-square 13.870 Asymp.Sig 0.001) dan juga antar tahapan perkembangan remaja (Tahap Awal Vs Tahap Tengah KS 2.008 Asymp.Sig 0.000 Tahap Awal Vs Tahap Akhir KS 12.819 Asymp.Sig 0.000 Tahap Tengah Vs Tahap Akhir KS 12.874 Asymp.Sig 0.000) Perbedaan pada masing-masing tahapan menunjukkan tingkat imaginary audience berkembang dengan signifikan. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan pada peneliti lainnya menambahkan aspek terkait imaginary audience lainnya jumlah subjek penelitian instrumen yang digunakan serta mengembangkan wilayah penelitian. Bagi orangtua agar memilih pendekatan melalui metode sharing untuk membantu remaja mengarahkan imaginary audience yang muncul pada remaja ke arah positif untuk menghentikan perilaku merokok. Bagi pendidik dan sekolah disarankan mengadakan dan mengembangkan pelatihan imaginary audience bertema it s me yang disusun oleh peneliti. Sedangkan bagi subjek penelitian disarankan untuk mengikuti pelatihan-pelatihan pengembangan diri yang dilaksanakan oleh pendidik dan sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Oct 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/100704

Actions (login required)

View Item View Item