KESESUAIAN TINGKAT BERPIKIR PADA SOAL UJIAN DAN TUGAS MATA PELAJARAN DENGAN INDIKATOR KOMPETENSI DASAR KELOMPOK KEAHLIAN DESAIN PERMODELAN DAN INFORMASI BANGUNAN SMK ISLAM 1 BLITAR

Rohmi, Nur’aini Zurifa (2019) KESESUAIAN TINGKAT BERPIKIR PADA SOAL UJIAN DAN TUGAS MATA PELAJARAN DENGAN INDIKATOR KOMPETENSI DASAR KELOMPOK KEAHLIAN DESAIN PERMODELAN DAN INFORMASI BANGUNAN SMK ISLAM 1 BLITAR. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rohmi, Nur’aini Zurifa. 2019. Kesesuaian Tingkat Berpikir pada Soal Ujian dan Tugas Mata Pelajaran dengan Indikator Kompetensi Dasar Kelompok Keahlian Desain Permodelan dan Informasi Bangunan SMK Islam 1 Blitar. Skripsi, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Sutrisno, S.T., M.Pd., (II) Dr. H. Tri Kuncoro, S. T., M.Pd. Kata kunci: Kesesuaian, indikator kompetensi dasar, soal ujian, tugas, tingkat berpikir Soal ujian dan tugas mata pelajaran adalah perangkat untuk mengevaluasi hasil belajar siswa di sekolah. Sedangkan indikator kompetensi dasar berperan sebagai tujuan dari pembelajaran yang disusun oleh guru. Soal ujian dan tugas mata pelajaran diharapkan mempunyai kesesuaian dengan tingkat berpikir yang telah disusun pada indikator agar dapat mengukur capaian tingkat berpikir siswa secara tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikantingkatberpikirpadaindikatorKompetensiDasar (KD), capaiantingkatberpikirpada soal ujian, capaiantingkatberpikirpadatugasmatapelajaran, kesesuaiantingkatberpikirpadasoalujiandan tugas matapelajaran denganindikatorKompetensiDasar (KD) di SMK Islam 1 Blitar. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian deskriptif komparatif. Populasi dari penelitian ini adalah indikator kompetensi dasar, tugas, dan soal ujian dari seluruh mata pelajaran kejuruan SMK Islam 1 Blitar. Sampel yang diambil adalah indikator kompetensi dasar, tugas, dan soal ujian dari mata pelajaran Gambar Teknik, Mekanika Teknik, Aplikasi Perangkat Lunak dan Interior Gedung, Konstruksi dan Utilitas Bangunan, Estimasi Biaya Konstruksi, dan Dasar-dasar Konstruksi Bangunandi SMK Islam 1 Blitar. Data yang terkumpul adalah 130 butir indikator kompetensi dasar, 35 butir tugas, 221 butir soal UH, 78 butir soal UTS, dan 190 butir soal UAS. Analisis dilakukan dengan mendeskripsikan tingkat berpikir dari masing-masing butir data untuk kemudian dicari nilai persentase dan rata-rata capaian tingkat berpikir. Hasil dari rata-rata capaian tingkat berpikir digunakan untuk uji beda menggunakan uji One Way Anova. Hasil penelitian menunjukkan capaian tingkat berpikir Indikator Kompetensi Dasar terdapat tingkat berpikir C1 sebesar 6,92%, C2 sebesar 70%, C3 sebesar 17,69%, dan C4 sebesar 5,38%; soal ulangan harian (UH) terdiri dari tingkat berpikir C1 sebesar 65,61%, C2 sebesar 25,34%, dan C3 sebesar 9,05%; soal ujian tengah semester (UTS) terdiri dari tingkat berpikir C1 sebesar 34,62%, C2 sebesar 55,13%, dan C3 sebesar 10,26%; soal ujian akhir semester (UAS) terdiri dari tingkat berpikir C1 sebesar 62,11%, C2 sebesar 26,84%, dan C3 sebesar 11,05%; dan tugas terdiri dari tingkat berpikir C1 sebesar 20,00%, C2 sebesar 11,43%, C3 sebesar 62,86%, dan C4 sebesar 5,71%. Hasil uji beda One Way Anovadidapatkan hasil bahwa capaian tingkat berpikir pada tugas mata pelajaran berbeda secara signifikan terhadap indikator kompetensi dasar. Capaian tingkat berpikir pada tugas berada di atas indikator kompetensi dasar. Tingkat berpikir pada soal UH, UTS, dan UAS juga berdeda secara signifikan terhadap indikator kompetensi dasar. Capaian tingkat berpikir pada soal UH, UTS, dan UAS berada di bawah indikator kompetensi dasar. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa: 1) Rata-rata capaian tingkat berpikir indikator KD adalah C2 (memahami), 2) Rata-rata capaian tingkat berpikir soal ujian adalah C2 (memahami). 3) Rata-rata capaian tingkat berpikir tugas mata pelajaran adalah C3 (menerapkan), 4) Tingkat berpikir pada soal ujian masih berada di bawah tingkat berpikir indikator KD yang telah ditetapkan, 5) Tingkat berpikir pada tugas mata pelajaran berada di atas tingkat berpikir indikator KD yang telah ditetapkan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: mr mahasiswa UM
Date Deposited: 07 Dec 2020 06:08
Last Modified: 07 Dec 2020 06:08
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/1007

Actions (login required)

View Item View Item