Efektivitas green generation games (3G) dalam meningkatkan pengetahuan living green to fight global warming pada anak SD / Anjarie Dharmastuti - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektivitas green generation games (3G) dalam meningkatkan pengetahuan living green to fight global warming pada anak SD / Anjarie Dharmastuti

Dharmastuti, Anjarie (2010) Efektivitas green generation games (3G) dalam meningkatkan pengetahuan living green to fight global warming pada anak SD / Anjarie Dharmastuti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Efektivitas Green Generation Games (3G) Pengetahuan living green to fight global warming Anak SD. Global warming adalah fenomena meningkatnya temperatur rata-rata permukaan bumi yang disebabkan efek rumah kaca. Global warming berpotensi menimbulkan banyak bencana. Hal ini juga disebabkan perilaku manusia yang cenderung tidak peduli pada alam. Maka dari itu untuk mengantisipasi global warming masyarakat perlu memberdayakan living green. Membentuk perilaku baru pada orang dewasa tidaklah mudah. Oleh sebab itu pembentukan perilaku sejak kecil akan lebih efektif sehingga dibutuhkan media sosialisasi global warming yang efektif untuk usia anak-anak. Upaya sosialisasi pencegahan global warming pada anak melalui media permainan dirasa akan cukup efektif. Green Generation Games adalah media permainan edukatif yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan living green to fight global warming pada siswa kelas V SD. Contoh penerapan dari living green to fight global warming adalah gerakan penghijauan hemat air mengurangi polusi udara hemat energi mengurangi pemakaian produk plastik mengurangi konsumsi daging menjaga kesehatan serta pengalokasian sampah secara efektif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian ekperimental pretest posttest control group design. Subyek dalam penelitian ini sebanyak 12 siswa dengan pembagian 6 siswa sebagai subyek eksperimen dan 6 lainnya sebagai subyek kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes bertipe multiple choice dengan tema living green to fight global warming. Analisis instrumen yang digunakan adalah uji validitas isi dan korelasi aitem denga total (product moment) dan uji realibilitas Alpha Cronbach. Analisis data yang digunakan untuk menggambarkan perbedaan skor antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol adalah dengan uji Mann Whitney dan Wilcoxon dengan taraf signifikansi 0.05. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan peningkatan pengetahuan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan signifikansi 0 004. Analisis skor pretes-postes kelompok kontrol menunjukkan signifikansi 0 288 dengan peningkatan 2 88%. Sedangkan analisis skor pretes-postes kelompok eksperimen menunjukkan signifikansi 0 027 dengan peningkatan mencapai 49 95%. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pengetahuan living green to fight global warming yang signifikan pada kelompok yang diberi perlakuan Green Generation Games dibandingkan dengan kelompok yang tidak diberi perlakuan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Oct 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/100699

Actions (login required)

View Item View Item