Hubungan kemampuan adversity dengan prestasi belajar pada mahasiswa Prodi Psikologi Universitas Negeri Malang / Fakul Hidayah - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan kemampuan adversity dengan prestasi belajar pada mahasiswa Prodi Psikologi Universitas Negeri Malang / Fakul Hidayah

Hidayah, Fakul (2010) Hubungan kemampuan adversity dengan prestasi belajar pada mahasiswa Prodi Psikologi Universitas Negeri Malang / Fakul Hidayah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci kemampuan adversity prestasi belajar Setiap orang selalu menginginkan sukses dalam kehidupan. Dalam mencapai sukses seseorang selalu dihadapkan dengan hambatan dan kesulitan. Hal ini juga terjadi dalam pendidikan di perguruan tinggi dimana indikasi sukses mahasiswa dilihat dari prestasi akademiknya. Sebagai program studi yang memiliki banyak peminat mahasiswa Psikologi Universitas Negeri Malang memiliki kesulitan tersendiri dalam menjalani pendidikannya seperti perbedaan sifat pendidikan di SLTA dan perguruan tinggi yang mencakup kurikulum disiplin hubungan dosen dengan mahasiswa masalah hubungan sosial ekonomi dan pemilihan bidang studi atau jurusan (Gunarsa 2004). Kemampuan Adversity adalah kemampuan seseorang dalam bereaksi terhadap kesulitan yang dihadapinya (Stoltz 2000). Seseorang yang memiliki Kemampuan Adversity tinggi akan bereaksi dengan tepat dan dapat mengatasi kesulitan yang dihadapinya. Dalam menghadapi kesulitan dalam perguruan tinggi mahasiswa perlu memiliki kemampuan adversity yang tinggi sehingga akan berpengaruh terhadap prestasi belajar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dan korelasional dengan besaran populasi sebanyak 475 mahasiswa Prodi Psikologi Universitas Negeri Malang. Besaran sampel berjumlah 115 mahasiswa Psikologi Universitas Negeri Malang yang ditentukan dengan teknik incidental sampling. Hasil uji validitas aitem diperoleh nilai validitas aitem antara 0.262-0.655 dan penghitungan reliabilitas dengan koefisien alpha cronbach 0 893. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara kemampuan adversity dengan prestasi belajar pada mahasiswa Prodi Psikologi Universitas Negeri Malang (rxy 0.498 sig 0 000 0 05). Artinya semakin tinggi kemampuan adversity mahasiswa maka semakin baik prestasi belajar. Hasil analsis deskriptif menunjukkan bahwa mahasiswa Prodi Psikologi UM yang memiliki kemampuan adversity tinggi sebanyak 27 mahasiswa (23.48%) sedang 65 mahasiswa (56.52%) dan rendah 23 mahasiswa (20%). Sedangkan prestasi belajar pada mahasiswa dengan predikat pujian berjumlah 1 mahasiswa (0.87%) memuaskan 30 mahasiswa (26.09%) dan cukup memuaskan 4 mahasiswa (3.48%). Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan kepada (1) mahasiswa Percaya terhadap kemampuan diri dan belajar untuk memiliki kendali terhadap semua masalah yang dihadapi (3) jurusan psikologi adanya pembentukan kesadaran bahwa pendidikan seharusnya juga mengembangkan aspek-aspek psikologis peserta didik. (3) peneliti selanjutnya dapat mengembangkan penelitian tentang kemampuan adversity misalnya menjadikan tipe adversity (Quitters Campers dan Climbers) sebagai variabel penelitian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Oct 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/100695

Actions (login required)

View Item View Item