Hubungan antara dukungan sosial dan stres kerja pada guru sekolah dasar di kecamatan Kunir Kabupaten Lumajang / Anggun Sistyo Winarko - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara dukungan sosial dan stres kerja pada guru sekolah dasar di kecamatan Kunir Kabupaten Lumajang / Anggun Sistyo Winarko

Winarko, Anggun Sistyo (2010) Hubungan antara dukungan sosial dan stres kerja pada guru sekolah dasar di kecamatan Kunir Kabupaten Lumajang / Anggun Sistyo Winarko. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Dukungan Sosial Stres Kerja Guru SD Semua jenis pekerjaan memiliki potensi untuk memunculkan stres kerja pada pegawai atau karyawan tanpa terkecuali guru. Stres kerja dapat terjadi karena kurangnya dukungan sosial. Dukungan sosial adalah sumber daya sosial dalam menghadapi suatu peristiwa yang menekan dan perilaku menolong yang diberikan pada individu yang membutuhkan dukungan. Dukungan yang dirasakan oleh individu dalam kehidupannya membuat ia merasakan arti dicintai dihargai dan diakui serta membuat dirinya menjadi lebih berarti dan dapat mengoptimalkan potensi yang ada dalam dirinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) besarnya dukungan sosial yang di terima oleh guru SD (2) besarnya stres kerja yang di alami oleh guru SD (3) hubungan antara dukungan sosial dan stres kerja pada guru SD di Kecamatan Kunir Kab. Lumajang. Penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif korelasional. Subyek penelitian adalah 74 guru SD yang berdinas di wilayah Kecamatan Kunir Kab. Lumajang yang diperoleh dengan metode purposive sampling. Untuk menguji instrumen penelitian digunakan uji coba valliditas dan reliabilitas. Teknik analisis menggunakan analisis korelasional Product Moment Pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 72 79% atau 54 guru menerima dukungan sosial pada tingkat sedang dan 82 43% atau 61 guru mengalami stres pada tingkat yang sedang. Hasil uji linearitas hubungan antara dukungan sosial dan stres kerja guru menunjukkan nilai F 42 291 (p 0 000 0 05) sehingga dapat disimpulkan bahwa hubungan antara dukungan sosial dan stres kerja guru adalah linear. Penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif yang signifikan antara dukungan sosial dan stres kerja dengan r -0 608 ( p 0 05). Dari hasil penelitian ini disarankan kepada guru SD untuk meningkatkan hubungan sosial dengan lingkungan kerja maupun masyarakat dengan demikian guru merasa menjadi bagian dari kelompok itu. Bagi kepala sekolah agar lebih meningkatkan komunikasi dengan guru. Bagi UPT Pendidikan untuk lebih sering melakukan pembekalan managemen stres kepada guru SD. Bagi penelitian selanjutnya untuk lebih mengembangkan instrumen penelitian serta menambahkan variabel lain serta dengan menambahkan metode wawancara. 8195

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Oct 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/100691

Actions (login required)

View Item View Item