Pengembangan modul pelatihan keterampilan membaca indah puisi untuk siswa kelas VII SMP / Vita Zulfiah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul pelatihan keterampilan membaca indah puisi untuk siswa kelas VII SMP / Vita Zulfiah

Zulfiah, Vita (2015) Pengembangan modul pelatihan keterampilan membaca indah puisi untuk siswa kelas VII SMP / Vita Zulfiah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Zulfiah Vita. 2014. Pengembangan Modul Pelatihan Keterampilan Membaca Indah Puisi untuk Siswa Kelas VII SMP Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing I Dr. Hj. Yuni Pratiwi M.Pd. dan Pembimbing II Prof. Dr. Maryaeni M.Pd. Kata kunci Pengembangan Modul membaca puisi. Penelitian pengembangan ini merujuk pada salah satu standar kompetensi pembelajaran sastrakelas VII dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yaitu memahami wacana sastra melalui kegiatan membaca puisi dan buku cerita anak.Kemampuan membaca puisi SMP terdapat dalam kompetensi dasar 15.1membaca indah puisi dengan menggunakan irama volume suara mimik kinesik sesuai dengan isi puisi. Kompetensi dasar ini diukur dengan indikator (1) mampu menentukan isi puisi dan (2) mampu membaca indah puisi. Berdasarkan hasil observasi prapenelitian pembelajaran membaca indah puisi sering kali mengalami keterbatasan yang disebabkan oleh kurangnya sumber belajar yang relevan dan kurangnya minat siswa karena sumber belajar yang digunakan kurang menarik.Oleh karena itu dibutuhkan sumber belajar yang relevan untuk membuat siswa belajar secara aktif dan kreatif.Melalui penelitian pengembangan ini sumber belajar berupa modul membaca indah puisi dihasilkan.Modul pelatihan keterampilan membaca indah puisi ini disusun untuk siswa kelas VII SMP dengan harapan setelah menggunakan modul ini siswa dapat memiliki pemahaman dan penjiwaan terhadap isi puisi terampil membaca indah puisi serta dapat memetik manfaat dalam kegiatan membaca indah puisi.Tujuan dari penelitian pengembangan Modul Pelatihan Keterampilan Membaca Indah Puisi untuk Siswa Kelas VII SMP yaitu (1) menghasilkan deskripsi modul pelatihan keterampilan membaca indah puisi untuk kelas VII SMP (2) menghasilkan sistematika penyajian modul pelatihan keterampilan membaca indah puisi untuk siswa kelas VII SMP (3) menggunaan bahasa yang efektif pada modul pelatihan keterampilan membaca indah puisi untuk siswa kelas VII SMP (4) menghasilkan kemenarikan tampilan modul pelatihan keterampilan membaca indah puisi untuk siswa kelas VII SMP. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan. Prosedur penelitian dilakukan dengan cara (1) persiapan (2) perencanaan (3) pengembangan produk awal (4) uji ahli dan praktisi (5) uji lapangan dan (6) revisi. Data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari data verbal dan nonverbal. Data verbal berupa komentar dan saran secara lisan dan tulisan dari hasil uji coba produk sedangkan data nonverbal berupa skor penilaian. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan enam instrumen yaitu lembar observasi untuk siswa lembar observasi untuk guru lembar angket uji ahli membaca puisi lembar angket uji ahli pembelajaran membaca puisi lembar angket praktisi dan angket uji siswa.Analisis data hasil uji coba dilakukan dengan cara (1) mengumpulkan data verbal tertulis yang diperoleh dari hasil wawancara angket observasi dan catatan lapangan (2) menghimpun menyeleksi dan mengklasifikasi data verbal tulis berdasarkan kriteria penilaian dan (3) menganalisis data dan merumuskan simpulan analisis sebagai dasar untuk melakukan tindakan terhadap produk yang dikembangkan.Perbaikan dilakukan berdasarkan penilaian dari ahli yang disampaikan secara lisan dan tertulis.Berdasarkan uji produk terdapat bagian bagian modul yang perlu direvisi berdasarkan kriteria penilaian ahli dan praktisi. Hasil penelitian yang diperoleh berupa produk modul yang sudah diuji. Isi modul terdiri atas tiga bab yaitu pendahuluan bagian inti dan refleksi dan evaluasi. Pada bab I (pendahuluan) terdiri atas (1) ranah kompetensi (2) tujuanpembelajaran (3) petunjuk penggunaan modul dan (4) cek kemampuan. Bab II (bagian inti) berisi tahapan-tahapan yang terdiri atas (1) memahami isi puisi (2) berlatih membaca indah puisi dan (3) membaca indah puisi.Tahapan-tahapan inidirancang secara bertahap untuk memudahkan siswa dalam mempelajari kegiatan membaca puisi. Pada kegiatan 1 (tahap memahami isi puisi) terdiri atas (1) definisi puisi (2) memaknai kata-kata sulit (3) memaknai citraan dan majas (4) menjelaskan penggunaan rima terhadap makana puisi (5) menyimpulkan gagasan tiap bait (6) pesan yang ingin disampaian oleh penyair dan (7) menyimpulkan tema puisi.Pada kegiatan 2 (berlatih membaca indah puisi) terdiri atas beberapa kegiatan antara lain (1) pembubuhan tanda baca pada puisi (2) pelafalan tiap baris puisi dengan jeda yang sesuai (3) pelafalan tiap baris puisi dengan volume suara yang sesuai (4) pelafalan tiap baris puisi dengan intonasi yang sesuai (5) pelafalan tiap baris puisi dengan nada yang sesuai (6) pelafalan tiap baris puisi dengan irama yang sesuai (7) pelafalan tiap baris puisi dengan tempo yang sesuai (8) pelafalan tiap baris puisi dengan tekanan yang sesuai (9) pelafalan tiap baris puisi dengan mimik yang sesuai dan (10) penggunaan kinesik yang sesuai dengan isi puisi. Selanjutnya pada kegiatan 3 (membaca indah puisi) terdiri atas dua kegiatan yaitu (1) membaca indah puisi di depan kelas dan (2) menilai penampilan membaca indah puisi. Bab III (refleksi dan evaluasi) berisi kegiatan merefleksi manfaat kegiatan membaca indah puisi bagi siswa.Tahapan-tahapan ini disesuaikan dengan urutan konsep pemahaman puisi sampai pada kegiatan membaca puisi. Hasil uji coba produk pada ahli pembelajaran media praktisi dan siswa menunjukkan bahwa media ini tergolong layak dan dapat diimplementasikan dengan beberapa revisi sesuai saran ahli. Dalam penelitian pengembangan modul ini guru dapat memperoleh modul yang sesuai dengan kebutuhan pembelajaran dan sesuai dengan kebutuhan belajar siswa. Hasil pengembangan modul ini diharapkan dapat memberikan manfaat khususnya bagi siswadalam menggali dan mengembangkan kemampuannya dalam membaca puisi.Produk penelitian pengembangan ini dapat menjadi pedoman bagi peneliti lain untuk melakukan penelitian yang serupa. Produk yang dikembangkan ini masih belum sempurna. Oleh karena itu diharapkan ada penelitian lebih lanjut berkaitan dengan pengembangan modul membaca indah puisi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 17 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/10069

Actions (login required)

View Item View Item