Studi kasus tentang konsep diri pada orang dengan HIV?AIDs (ODHA) akibat injection drug use (IDU) / Imroatul Hasanah - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi kasus tentang konsep diri pada orang dengan HIV?AIDs (ODHA) akibat injection drug use (IDU) / Imroatul Hasanah

Hasanah, Imroatul (2010) Studi kasus tentang konsep diri pada orang dengan HIV?AIDs (ODHA) akibat injection drug use (IDU) / Imroatul Hasanah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci konsep diri ODHA IDU Studi kasus HIV merupakan virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia yang dapat menyebabkan penyakit AIDS dan juga dapat menyebabkan kematian. Di Indonesia sendiri Jumlah penderita HIV/AIDS di seluruh kabupaten atau kota pada 2010 diperkirakan mencapai 93.000 sampai 130.000 orang dengan jumlah ODHA akibat IDU mencapai 40 7 persen dari keseluruhan penderita. Seseorang yang telah terinfeksi HIV/ AIDS mengalami beberapa perubahan baik dalam hal fisik maupun psikis salah satunya adalah konsep diri. Konsep diri adalah cara pandang individu terhadap diri sendiri yang dapat mempengaruhi perilaku individu tersebut. Semakin berkembangnya fenomena ODHA akibat IDU ini mendorong dilakukannya penelitian ini. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengetahui konsep diri pada ODHA akibat IDU (2) Mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi konsep diri pada ODHA akibat IDU. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan penelitian kualitatif dengan model penelitian studi kasus. Subjek penelitian dalam penelitian ini berjumlah tiga orang dengan kriteria sebagai berikut (1) Warga tetap Kecamatan Gondanglegi Kabupaten Malang (2) Pengguna Narkoba suntik (3) Pria atau wanita penderita HIV/ AIDS (4) Bersedia menjadi subjek penelitian. Alat pengumpul data yang digunakan adalah (1) Observasi (2) Wawancara mendalam (3) Dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dengan tahapan merangkum data yang telah terkumpul dan kemudian menyajikan data dengan teks yang bersifat naratif dan terakhir menarik kesimpulan. Teknik pengecekan keabsahan data dilakukan dengan (1) Perpanjangan pengamatan (2) Meningkatkan ketekunan dan (3) Triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konsep diri pada ODHA akibat IDU umumnya mengarah pada konsep diri negatif namun satu subjek menunjukkan konsep diri positif. faktor yang mempengaruhi perkembangan konsep diri pada diri subjek adalah (1) Peranan dari teman sesama ODHA (2) Reaksi dari significant others seperti dukungan atau penolakan dari keluarga umumnya belum ada karena subjek belum terbuka pada keluarga (3) Pembandingan dengan orang lain sesama ODHA (4) Identifikasi terhadap ODHA lainnya sehingga subjek dapat menerima kondisinya yang positif. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan bagi ODHA untuk mengembangkan konsep diri yang lebih positif dengan cara untuk lebih terbuka kepada orang lain seperti keluarga teman atau lingkungan sekitar. Dengan konsep diri yang positif yang dimiliki ODHA akan dapat memberikan motivasi sehingga ODHA dapat hidup dengan lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Oct 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/100672

Actions (login required)

View Item View Item