Hubungan Antra Kecerdasan Emosional Dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Siswa SMU Assa'adah Bungah Gresik Olwh Lilik Chumaidah - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan Antra Kecerdasan Emosional Dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Siswa SMU Assa'adah Bungah Gresik Olwh Lilik Chumaidah

Chumaidah, Lilik (2010) Hubungan Antra Kecerdasan Emosional Dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Siswa SMU Assa'adah Bungah Gresik Olwh Lilik Chumaidah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitiante ntangk ecerdaqane mosionalk aitannyad eng3Lp restasib elajar sudabha nyakd ilakukani o tapi dalamk onteksi ni.prestasbi elajard ilihat socarau mum d8n tidak dilihat secara khusus teptang prestasi belajar Pendidikan Agama Islam Kaitan antara kecerdasan emosionpl dan-prestasi belajar Pendidikan Agama Islam o.prt aintut dari ruang lingkup m teri Pendidikan Agama.Islam yang berisi materi tentangh ubungana ntaram anusia engan Allah manusiad enganm anusla m anusla arng.i aitinvi sendiri dan manusia d ng n lingkungan alam. Materi Pendidikan Againa Islam tentang hubungan manusia dengan manusia mencakup segi akhlak ip.rti t u lUun. itbiutukan akhtaky angb aik terhadapo rangl ain sertam enjauhi rkhlat yanjUurut. Sedangkanm apusiad engand irinya sendirim elipuh kewajiban untuk meriahami menghirgai d4n mengendalikan emosi dirinya adalah sama dengAna spek-aspekk eierdasan qmosional yaitu kemampuan dalam hubungan interpenonadla nk emampuand alam hubunganin frapersonal penelitianin i beriujuanu ntuk mengetahui( l ) Deskripsit inskat kecerdasan emosionasli swa ( 2) Des[ripsi prqstasib elajar PendidikanA gma Islam siswa ( 3) Hubungaann tarak ecerdasaenm osionadl an prestasbi elajarP endidikanA gam Islam siswa. Rancangadna lamp enelitiani ni adalahd eskriptif korelasionalP. opulasid an sampedl alam -penelitian ini adalahs iswak elas II SMU Assa adahB ungahG resik Teknikp engambilasna mpely ang digunakana dalaht eknik purposivep roporsional random sariplings edangkanin itrumen dalam pengumpuland ata menggunakan angketA. naiisis hasil penelitian menggunakante knik analisis product moment den- gapnr ogramS PSSv ersi 10.0. tfrrit penelitiani ni digolongkank e dalam2 hal yaitu kecerdasaenm osional danp restasbi ebjar PenclidikanA -gamaI slam. Untuk hasil kecerdasane mosional rrn 1ukk- bahwa siswa kelas II SMU Assa adah banyak sekali yang memiliki kecerdasaenm osionals edangy aitv 73 3o/oa rtinya kemampuane mosionals iswa SMUA ssa adahp erlu dilatih dan dikembangkanS. edangkanu ntuk prestasbi elajar Pendidikan.AgamIsala mm enunjukkanb ahwas iswak elasI I SMU Assa adahb anyak sekalyi angn iemiliki prestasUi etaiarP endidikanA gama Islam cukup yaitlr61 10 artinya siswa SMU Assa adah sUdah dapat belajar dengan baik namun perlu meningkatkabne lajarnyaa gar dapatm encapaip restasiy ang lebih.b aikla gi. Dari p.nguilunh ipotesisd- i peroleh asil yaitu r hitung 0 748 dan r tabel-O -207d engan ptob uLititutt ang dai 5o/oH. asil tersebutm enunjukkanb ahwa ada hubungany ang positifd an sigrrifilan antarak ecerdasane mosionald an prestasbi elajar Pendidikan Agam Islam lada siswa SMU Asp adah Bungah Gresik. Hal ini dapat diartikan bahwas emakitnin ggik ecerdasagnm osionasl iswa makaa kans emakinti nggi pula prcstasbie lejaPr endidikanA gamal slam siswa. Berdasarkanh asil penelitian maka peneliti menyarankank epada berbagai pihak yaitu (1) Jurusan BKP jurusan BKP yang merupakan tempat pendidikan prajabatakno nselord iharapkanl eblh meningftatkank ualitas pendidikannyat erutama tcnbngk ecerdasaenm osionaml isalkanl ebih banyakp raktekd ari padat eori seperti prktek konselingin dividu dan kelompok b imbingank elompokd enganm etoder ole playrndga ns osiodramdaa n lain-lain m engingatu gask onselors angabt erkaitane rat dcngaans peke mosionalP. emahamatne ntangk ecerdasane mosionailn i diharapkan agar pada masa jabatan konselor mempunyai bekal tentang pelatihan kecerdasan emosionayla ng nantinyad igunak4nu ntuk membantus iswa (2) Kepala Sekolah hendaknykae palas ekolahm embefikank ebijaksanaank epadak onselord alam hal pemberiajanm khususB K di luar jam pelajaranm isalnyap emanfaatajna m kosong yang dapat digunakan dalam memberikan layanan bimbingan dan konseling khususnyate ntang kecerdasane mosional misalnya mendatangkana hli dibidang kecerdasaenm osionalu ntuk memberikan pelatihan kecerdasane mosional (3) Konselorm elihat pentingnyak ecErdasane mosionalb agi siswa maka hendaknya konselolre bihm eningkatkanku alitasp rofesinyat e rutamad alamb idangk ecerdasan emosionalnymai s alnyam engikutis eminarp elatihan-pelatihamn engenaki ecerdasan emosionalg arn antinyak onselord apatl ebih membantud an memahamsi iswa. ( 4) GuruP endidikanA gama Islam k4renad iketahuia da hubungana ntarak ecerdasan emosional dan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam maka guru bisa mengembangkkaenc erdasane mosionals iswa denganm emadukank eterampilanketerampilakne cerdasane mosionalk e dalam pelajaranP endidikanA gama Islam. Misalnyag uru bisa melatih kecerdasane mosionals iswa melalui mata pelajaran AqidahA hlaqy aitug urum emberit auladank epadas iswau ntuk selalum emiliki sikap istiqoma(hk onsistensit)a wadlu (kerendahanh ati) t awakkal( berusahad anb erserah diri) i hsan( integrasdi anp enyempqrnaan).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jul 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/100653

Actions (login required)

View Item View Item