Identifikasi Kebutuhan Siswa Terhadap Layanan Bimbingan Konseling di MAN Kabupaten Probolinggo oleh Muhammad Zuhdi Hasan - Repositori Universitas Negeri Malang

Identifikasi Kebutuhan Siswa Terhadap Layanan Bimbingan Konseling di MAN Kabupaten Probolinggo oleh Muhammad Zuhdi Hasan

Hasan, Muhammad Zuhdi (2010) Identifikasi Kebutuhan Siswa Terhadap Layanan Bimbingan Konseling di MAN Kabupaten Probolinggo oleh Muhammad Zuhdi Hasan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Lay anan bimbingan konse I i ng sebagai bagian i ntegral dalam pendidikan dibutuhkano leh siswa MAN untuk mencapai perkembangans iswa secarao ptimal. Untuk mengetahui tentang kebutuhan siswa MAN terhadap layanan bimbingan konselingd ilakukan identifikasi kebutuhans isrvat erhadapl ayananb imbingan konselingd i MAN. Penelitian ini bertjuan unfuk mengetahuik ebutuhans iswa MAN terhadapla yananb imbingan konseling dan diharapkand apatd ijadikan acuan pemenuhakne butuhant ersebut s erta guna men1rusunp rogramb imbingan konseling diMAN. Layanan bimbingan konseling yang dijadikan acuan dalam penelitian ini adalahtu juh layananb imbingan konseling meliputi a) layanano rientasi b ) layanan informasi c ) layananp enempatand an penyaluran d ) layananb imbingan belajar e) layanank onselingp erorangan f 1 layananb imbingan kelompok dan g) layanan konselinkge lompok. Penelitian ini dilaksanakan di MAN Kabupaten Probolinggo tanggal2T Septembesra mpaiD esember2 003. Rancanganp enelitian yang digunakana dalah ftrncangand eskriptifkuantitatif. Analisis yang dipakai adalah analisis prosentase. Selanjutnyaa gar angka persentaseb ermakna digunakan klasifikasi Guilford. Klasifikasi tersebut adalah 1- 25% diklasifikasikan sedikit yang membutuhkan 26- 50% diklasifi kasikan cukup banyak yang membutuhkan 5 l - 7 5% diklasifi kasikan banyak yang membutuhkan dan76 - 100% diklasifikasikan banyak sekali yang membutuhkanS. ampely ang digunakan adalah l3% dari jumlah populasi y aitu 110 siswa yang diambil dari 834 sisrva. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) banyak sisrva yang sangat membutuhkanla yanano rienasi 2) banyak sisrvay ang sangatm embutuhkanl ayanan informasi 3) banyak yang.siswa sangat membutuhkan layanan penempatan dan penyaluran 4) banyak siswa yang sangat membutuhkan layanan bimbingan belajar 5) cukup banyak siswa yang sangat membutuhkan layanan konseling perorangan 6) banyak sisrva 1 ang membutuhkan layanan bimbingan kelompok dan 7) cukup banyak sisrva yang sangat membutuhkan layanan konseling kelompok. Berdasar hasil penelitran iru disarankan agar konselor memperhatikan kebutuhans iswat erhadapl ayananb imbingan konseling m engingatl ayanani ni akan membantus iswa dalam mencapaip erkembanganp ribadi yang optimal. Selain itu penelitiand apatd ikembangkanl ebih lanjut untuk mengetahuik ebutuhans iswa terhadapla yananb imbingan konseling di sekolah-sekolahL. ebih khususl agi untuk sekolahy ang belum ada petugasl ayananb imbingan konselingnya. vll

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jul 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/100637

Actions (login required)

View Item View Item