Hubungan pola asuh Orang tua Dengan Keterampilan Kelola Diri Siswa Kelas III SMU Laboratorium Universitas Negeri Malang oleh Beta Nur Bety Tsany - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan pola asuh Orang tua Dengan Keterampilan Kelola Diri Siswa Kelas III SMU Laboratorium Universitas Negeri Malang oleh Beta Nur Bety Tsany

Tsany, Beta Nur Bety (2010) Hubungan pola asuh Orang tua Dengan Keterampilan Kelola Diri Siswa Kelas III SMU Laboratorium Universitas Negeri Malang oleh Beta Nur Bety Tsany. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pola asuh orang tua sehari-hari dalam keluarga merupakal ylah satu faktor yang sangat mempengaruhi tingkah laku_ anak. Kelola diri adalah kemampuan oi.igpt -a rnenffitoo diri -sendiri dalam melakukan kegiatan individu. Salah satu-tugasp erkemdanganre maja adalah mempelajari sesuatuy ang diharapkano leh oongoir g di sekitamya dan membentuk tingkah laku yang sesuai dengan norma mayiratat-tanpa dibim6ing diawasi didorong dan dialcam tt yl . Selain itu remajah arusm engendalikand an mempertanggungiawabkatinn gkah lakunya sendiri Untui mendaparkan prcst si belajar yang optimal remaja _seta ui pelajar perlu memilikik eterampilankeloldai ri yangb aik khususnyad alamb elajar. Tujuanp enelitian( l) Mengetahudi eskripsip olL asu]r9 tgC. lu siswak elasI Ii SMU LAB Ui f tZl Mengerahui deskripsi keterampilan kelola diri siswa kelas III SMU LAB UM (i) Mengetahui hubungan antara pola asuh orang tua dengan keterampilan kelolad iri siswak elasI II SMU LAB tlM . Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif korelasional karena menggambarkapno la asuh orang tu3 keterampilank elola diri siswa dan hubungan anta poU asuh orang tua dan keterampilan kelola diri siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SMU LABORATORIUM Universitas Negeri irt t g yang berjumlah 271orang siswa. Sampel yang digunakan berjumlah 60 orog iir u-y g aipituh secara acak. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalih angk pota - tutt dan angket keterampilan kelola diri Analisis data yang digunakana dalahp ersentased an korelasi productm oment Ilasil penelitian ini menunjukkanb ahwak ecenderunganp ola asuhy ang paling banyakd ilalokan orangt ua adalahp ola asuhd emokratisd enganj -l]d 47 %o Pola oh ototirct dilakukan-oleh orang tua sebanyak 33 o/o dan pola asuh bebas sejumlah 20 o/o. Keteranrpilan kelola diri siswa yang terbesar termasuk dalam kiteria cukup terampil dengan jumlah 61 66 o/o klasifikasi kurang terampil sebanyak 30 vo dan siswa yang sangai terampil sejumlah 8 %. Hasil penelitian ini membuktikan terdapat ttuUongan-nega tyifa ng signintan antara pola asuh otoriter dengan keterampilan kelola-diri teiaapat truUungan positif yang sigrrifikan antara pola asuh demokratis Arng t t rpit telola diri dan terdapat hubungan neptif yang sigrifikan antara poliasuh bebas dengan keterampilan kelola diri

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jul 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/100634

Actions (login required)

View Item View Item