Persepsi Remaja Tentang Penyalahgunaan Narkoba di Kabupaten Tulungagung oleh Catur Setyo Pamungkas - Repositori Universitas Negeri Malang

Persepsi Remaja Tentang Penyalahgunaan Narkoba di Kabupaten Tulungagung oleh Catur Setyo Pamungkas

Pamungkas, Catur Setyo (2010) Persepsi Remaja Tentang Penyalahgunaan Narkoba di Kabupaten Tulungagung oleh Catur Setyo Pamungkas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penyalahgunaarr narkoba tidak terbatas pada orang-orang yang berkehidupan malam namun telah merambah dan berkembang pada siswa SD SLTP SMU mahasiswa maupun kalangan eksekutif. Penyebaran narkoba sudah merambah dan meluas ke mana-mana yang menjadi sasaran bukan hanya tempat-tempat hiburan malam seperti diskotik pub dan karaoke tetapi sudah merambah ke daerah pemukiman kampus dan bahkan sekolah-sekolah. Sekolah sebagai tempat pendidikan bagi siswa sekarang ini sangat merisaukan. Jika rnasalah penyalahgunaan narkoba terjadi di ka)angan siswa maka ini berarti bahwa upaya pencapaian tujuan pendidikan nasional mengalami hambatan. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah nrendeskripsikan persepsi remaja tentang pengertian narkoba mendeskripsikan persepsi remaia tentang jenis-jenis narkoba mendeskripsikan persepsi remaja ientang kegunaan narkoba dari segi medis mendeskripsikan persepsi remaja tentang cara menggunakan narkoba mendeskripsikan persepsi remaja tentang gejala-gejala penyalahgunaan narkoba dan rnendeskripsikan persepsi remaja tentang bahaya penyalahgunaan narkoba. Peneli tian ini diiaksanakan di Kabupaten Tulungagung. Waktu pelaksanaan penelitian ini adalah pada akhir emester II tahun ajaran2002/2003 yaitu pada bulan Mei - Juni 2003. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian yang dipilih adalah penelitian deskriptif. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas trl SMU/SM Negeri dan SMU/SMK Swasta di Kabupaten Tulungagung tahun ajaran 2003/2003.Sampel dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas Il SMUN I Kauman SI 4UN I Boyolangu SMKN III Boyolangu SMU Diponegoro Sll(JN I Kedrrngwaru dan SMK Sore . Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 316 srswa. Untuk mendeskripsikan persepsi rernaja terhadap penyalahgunaan narkoba di Kabupaten Tulungagung adalah dengan cara menyebarkan angket dan data yang diperoleh ciianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Dari hasil yang diperoleh dari penelitia.n yang sudah dilaksanakan terhadap para remaja di Kabupaten Tulungagung yaitu sedikit sekali (0 65 Vo) renaja yang mempunyai persepsi sangat tepat tentang penyaiahgunaan narkoba banyak sekali (98 38 %) remaja yang mempunyai persepsi tepat tentang penyalahgunaan narkoba sedikit sekali (0 97 %) remaja yang mempunyai persepsi cukup tepat tentang penyalahgunaan narkoba tidakada (0 %) remaja yang mempunyai persepsi kurang tepat tentang penyalahgunaan narkoba tidak ada (0 %) remaja yang mempunyai persepsi kurang tepat sekali tentang penyalahgunaan narkoba. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa para remaja mempunyai persepsi yang tepat tentang penyalahgunaan narkoba (artinya para remaja benar-benar mngerti apa itu narkoba dan bahaya penyalahgunaan narkoba) yang ditinjau dari segi pengertian narkoba jenis-jenis narkoba kegunaan dari segr medis cara menggunakan narkoba gejala-gejala penyalahgunaan n rrkoba bahaya penyalahgunaan narkoba.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jul 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/100621

Actions (login required)

View Item View Item