Pengembangan bahan ajar kreasi dan resepsi puisi untuk siswa smp kelas VII / Pandu Median Pratama - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar kreasi dan resepsi puisi untuk siswa smp kelas VII / Pandu Median Pratama

Pratama, Pandu Median (2014) Pengembangan bahan ajar kreasi dan resepsi puisi untuk siswa smp kelas VII / Pandu Median Pratama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pratama Pandu Meidian. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Kreasi dan Resepsi 12288 12288 12288 12288 Puisi Untuk Siswa SMP Kelas VII. Skripsi Jurusan Sastra Indonesia 12288 12288 12288 12288 Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. 12288 12288 12288 12288 Djoko Saryono M.Pd (2) Dr. Heri Suwignyo M.Pd. Kata kunci pengembangan bahan ajar kreasi dan resepsi puisi pembelajaran puisi. 12288 12288 12288 12288 Terdapat lima kompetensi dasar puisi pada standar isi kurikulum KTSP. Empat dari lima kompetensi dasar yang ada dalam standar isi antara lain menulis kreatif puisi berkenaan dengan keindahan alam membaca indah puisi menanggapi cara pembacaan puisi dan merefleksikan isi puisi yang dibacakan. Kegiatan pembelajaran puisi merupakan kegiatan yang yang harus terus menerus dikembangkan karena pembelajaran puisi masih kurang berjalan baik karena kurangnya fasilitas yang mendukung dan tidak sesuainya strategi pembelajaran yang dipilih. Untuk menyikapi hal tersebut solusi yang ditawarkan adalah mengembangkan bahan ajar kreasi dan resepsi puisi untuk siswa SMP Kelas VII. 12288 12288 12288 12288 Pengembangan bahan kreasi dan resepsi puisi perlu dilakukan karena berbagai pertimbangan yang pertama karena rendahnya kualitas pengajaran di sekolah kedua adalah faktor pendidik karena pendidik merupakan ujung tombak dalam tercapainya sebuah kompetensi dasar dan yang ketiga adalah berkembangnya dunia teknologi yang tumbuh sangat cepat dan pesat sehingga sebagai seorang pendidik harus memanfaatkan teknologi sebagai sumber belajar yang baru bagi peserta didik. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini dilakukan untuk menghasilkan bahan ajar kreasi dan resepsi puisi untuk siswa kelas VII SMP untuk meningkatkan kegiatan pembelajaran puisi bagi siswa SMP kelas VII semester II. Adapun tujuan khusus dalam penelitian ini adalah dapat dikembangkannya Isi bahasa tampilan dan penyajian modul pembelajaran kreasi dan resepsi puisi bagi siswa SMP kelas VII semester II. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan metode recursive reflective design and development (R2D2). Secara garis besar model pengembangan R2D2 terdiri atas tiga fokus pengembangan yaitu (1) define focus (2) design and development focus dan (3) dissemination focus. Data dalam penelitian ini terdiri atas data verbal dan nonverbal. Data verbal berupa komentar dan saran secara lisan dan tulisan dari para ahli dan praktisi sedangkan data nonverbal berupa skor penilaian ahli dan praktisi. 12288 12288 12288 12288 Rata-rata hasil skor penilaian praktisi terhadap modul kreasi dan resepsi puisi sebesar 93 83%. Rata-rata penilaian ahli terhadap modul kreasi dan resepsi puisi sebesar 86 45%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa modul kreasi dan resepsi puisi ini sangat layak digunakan oleh guru dan siswa untuk meningkatkan kualitas pembelajaran puisi di sekolah. 12288 12288 12288 12288 Bahan ajar kreasi dan resepsi puisi untuk siswa SMP kelas VII meliputi kompetensi dasar (1) menulis kreatif puisi berkenaan dengan keindahan alam (2) membaca indah puisi (3) menanggapi cara pembacaan puisi dan (4) merefleksikan isi puisi yang dibacakan. Sistematika penyajian bahan ajar kreasi dan resepsi puisi untuk siswa SMP kelas VII meliputi bagian pendahuluan bagian isi dan bagian penutup. Pada bagian pendahuluan modul pembelajaran menulis kreatif puisi tersebut berisi (1) sampul (2) kata pengantar (3) daftar isi (4) sajian kompetensi dasar dan (5) petunjuk penggunaan modul. Pada bagian isi modul pembelajaran menulis kreatif puisi tersebut berisi (1) kompetensi dasar yang diajarkan (2) materi dalam kompetensi dasar yang diajarkan (3) materi. Pada bagian penutup terdiri atas dua komponen yaitu (1) daftar pustaka dan (2) biodata penulis. Komponen pada setiap kompetensi dasar yang diajarkan terdiri atas empat komponen antara lain (1) uraian teori dan contoh (2) latihan (3) rangkuman dan (4) uji keterampilan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Jul 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/10062

Actions (login required)

View Item View Item