Keefektifan Teknik Behavioral Untuk Mengembangkan Ketrampilan Sosial Pada Siswa Kelas III Yang Withdrawal di MIN Malang I / Fitria Rachmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Keefektifan Teknik Behavioral Untuk Mengembangkan Ketrampilan Sosial Pada Siswa Kelas III Yang Withdrawal di MIN Malang I / Fitria Rachmawati

Rachmawati, Fitria (2010) Keefektifan Teknik Behavioral Untuk Mengembangkan Ketrampilan Sosial Pada Siswa Kelas III Yang Withdrawal di MIN Malang I / Fitria Rachmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Keterampilan sosial adalah keterampilan yang menunjang keberhasilandalam pergaulan dengan orang lain dan merupakan syarat tercapainya penyesuaian yang baik dalam kehidupan individu. Sekolah merupakan lembaga yang mendidik siswa agar rnemiliki fungsi psikososial termasuk keterampilan sosial. Namun selama ini sekolah hanya memusatkan perhatian pada aspek-aspek akademis dan cenderung mengabaikan aspek psikososial siswa. Keterampilan sosial dianggap sebagai sesuatu yang dapat dipclajari sendiri oleh siswa dan orang tua diharapkan berperan dalam mendidik keterampilan sosial pada anaknya. Siswa Sekolah Dasar berada pada masa kanak-kanak akhir pada rentang usia 6-13 tahun.Salah satu tugas perkembangan pada masa tersebut adalah belajarmenyesuaikan diri dengan teman-teman seusianya dan mengembangkan sikap terhadap kelompok-kelompok sosial. Kegagalan dalam pelaksanaan tugas perkembangan akan mengakibatkan pola perilaku yang tidak matang. Salah satu kegaealan perilaku ini berupa perilaku penarikan dii(withdrawal). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan teknik behavioral untuk mengembangkan keterampilan sosial pada siswa yang withdrawql di Sekolah Dasar. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik behavioral yang meliputi modeling (pemberian model) prompting role play performance feedback reinforcemenr (pemberian penguatan) dan transfer oftraining (praktik di kehidupan nyata). Keterampilan sosial yang dilatitrkan yakni keterampilan memulai pembicaraan keterampilan bertanya dan keterampilan mengemukakan pendapat. Desain penelitian ini menggunakan Single-Case Experimental Design (SCED) khususnya desain A-8. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Ibtida iyah Negeri (MIN) I Malang dengan jumlah subyek penelitian sebanyak sembilan orang siswa kelas IIL Data dianalisis dengan dua cara yakni analisis secara kelompok dan secara individual. Analisis secara kelompok menggunakan Wilcoxon Signed Ranks Test (WSRT) dan analisis secara individual menggunakan visual inspection yang kemudian dianalisis dengan menggunakan analisa mean. Dari hasil analisis dengan menggunakan lililcoxon Signed Ranks Test (WSRT) keterampilan memulai pembicaraan yang dilatihkan menunjukkan perubahan yang tidak signifikan yakni 0 206 dengan derajat kebebasan 5%. Dua keterampilan sosial lain yakni keterampilan bertanya dan keterampilan mengemukakan pendapat menunjukkan perubahan yang signifikan. Keterampilan ibertanya menunjukkan perubahan 0.01 I dengan derajat kebebasan 5o/o dan keterampilan mengemukakan pendapat menunjukkan perubahan 0.0 17 dengan derajat kebebas an 5o/o. Hasil analisis visual inspectlon dengan menggunakan analisa mean menunjukkan peningkatan mean dari sebelum treatment ke sesudah trestment walaupun peningkatan tersebut berbeda antara subyek satu dengan subyek yang lainnya. Data frekuensi perilaku menggunakan bahasa yangjelas dan tidak berbelit-belit menunjukkan peningkatan rzean pda subyek A sebanyak 6.00 Subyek B sebanyak 3.7 Subyek C sebanyak 3.3 Subyek D sebanyak 4.2 Subyek E setranyak 6.7 Subyek F sebanyak 6.0 Subyek G sebanyak 3.0 Subyek H sebanyak 3.4 dan Subyek I sebanyak 1.5. Untuk data frekuensi perilaku menggunakan kalimat yang lengftap Subyek A menunjukkanpning atan mean sebanyak 3.7 Subyek B sebanl ak 2.8 Subyek C sebanyak 1.7 Subyek D sebanyak 3. l Subyek E sebanyak 4.6 Subyek F sebanyak 5.2 Subyek G sebanyak 5.6 Subyek H sebanyak 3.0 dan Subyek I sebanyak 2.6. Dari hasil data di atas dapat disimpulkan bahwa hasil analisis dengan Wilcoxon Signed Ranks lesl menunjukkan teknik behavioral kurang efektif dalam mengembangkan keterampilan memulai pembicaraarq narnun efektif dalam mengembangkan keterampilan bertanya dan keterampilan memulai pembicaraan pada siswa kelas III Madrasah lbtidai yatr Negeri I Malangyangwithdrawal. Sedangkan hasil analisis dengan v isual inspection yangmenggunakan analisa mean menunjukkan bahwa teknik behavioral efektif untuk mengembangkan keterampilan sosial. Ada perbedaan antara subyek satu dengan yang lain dalam hal peningkatan mean dztz frekuensi dari sebelum ffeatment dengan sesudah treatmenl. Berdasarkan temuan penelitian ini disarankan agar dilakukan follow up untuk mengetahui apakah keterampilan sosial yang telah dilatihkan dapat dipertahankan atau tidak. Oleh karena itu penelitian lanjutan disarankan diadakan dengan rancangan yang sama untuk mengetahuihasilfollow up.Dalam pemberian reinforcement hendaknya peneliti fidak hanya menggunakan satujenis reinforcer tetapi gabungan dari dua atau tiga reinforcer yang diberikan kepada subyek penelitian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jul 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/100615

Actions (login required)

View Item View Item