Hubungan antara konsep diri dan kecemasan menghadapi ujian pada siswa SMKN 1 Malang / Yuliana - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara konsep diri dan kecemasan menghadapi ujian pada siswa SMKN 1 Malang / Yuliana

Yuliana (2009) Hubungan antara konsep diri dan kecemasan menghadapi ujian pada siswa SMKN 1 Malang / Yuliana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Yuliana. 2009. Hubungan antara Konsep Diri dan Kecemasan Menghadapi Ujian pada Siswa SMKN 1 Malang. Skripsi Program Studi Psikologi Jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Fattah Hanurawan M.Si M.Ed (2) Fattah Hidayat M.Si. Kata kunci konsep diri kecemasan menghadapi ujian. Siswa yang menghadapi ujian akan mengalami kecemasan namun tinggi rendahnya kecemasan dipengaruhi oleh konsep diri yang dimiliki. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan konsep diri siswa SMKN 1 Malang (2) mendeskripsikan kecemasan dalam menghadapi ujian pada siswa SMKN 1 Malang (3) mengetahui hubungan antara konsep diri dan kecemasan dalam menghadapi ujian pada siswa SMKN 1 Malang. Penelitian ini dilaksanakan dengan desain deskriptif korelasional dengan populasi seluruh siswa kelas X SMKN 1 Malang. Sampel diambil dengan teknik purposif sampling. Data penelitian diambil dengan menggunakan dua skala yaitu skala konsep diri dan skala kecemasan menghadapi ujian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 17 42% siswa memiliki konsep diri sangat tinggi 79 55% siswa memiliki konsep diri tinggi dan 3 03% siswa memiliki konsep diri rendah. Sebanyak 28 03% siswa memiliki kecemasan yang tinggi 66 67% siswa memiliki kecemasan rendah dan 5 30% siswa memiliki kecemasan yang sangat rendah dalam menghadapi ujian. Hasil analisis korelasional Pearson menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara konsep diri dan kecemasan menghadapi ujian (rxy - 0 464 sig 0 00 0 05) artinya semakin tinggi konsep diri siswa maka akan semakin rendah kecemasan siswa dalam menghadapi ujian sebaliknya semakin rendah konsep diri yang dimiliki siswa maka kecemasan dalam menghadapi ujian akan semakin tinggi. Saran bagi siswa diharapkan dapat lebih meningkatkan konsep diri dengan cara menerima dan menghargai potensi yang dimiliki serta berfikir positif dan rasional dalam menilai kemampuan yang dimiliki diri siswa untuk mengurangi tingkat kecemasan dalam menghadapi ujian agar dapat memaksimalkan hasil dari ujian. Bagi guru diharapkan dapat menciptakan suasana belajar yang kondusif bagi siswa sehingga dapat mengurangi kecemasan siswa dalam menghadapi ujian memberikan penghargaan yang cukup kepada siswa agar dapat meningkatkan konsep diri. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat menggunakan hasil penelitian ini sebagai acuan untuk mengembangkan penelitian tentang kecemasan dihubungkan dengan variabel yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Oct 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/100560

Actions (login required)

View Item View Item