Inventarisasi gejala-gejala tingkah laku indikator kecerdasan penyandang autisme / Saadatul Fitriah - Repositori Universitas Negeri Malang

Inventarisasi gejala-gejala tingkah laku indikator kecerdasan penyandang autisme / Saadatul Fitriah

Fitriah, Saadatul (2010) Inventarisasi gejala-gejala tingkah laku indikator kecerdasan penyandang autisme / Saadatul Fitriah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fitriah Saadatul. Inventarisasi Gejala-Gejala Tingkah Laku Sebagai Indikator Kecerdasan Penyandang Autisme. Skripsi Program Studi Psikologi. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Alwisol M..Pd (II) Drs. Fattah Hidayat S.E. M.Psi . Kata Kunci gejala-gejala tingkah laku kecerdasan penyandang autisme Pengukuran IQ yang digunakan secara umum untuk populasi anak-anak seperti Stanford-Binet Intelligence Scale The Kaufman Assessment Battery for Children (K-ABC) The Wechsler Intelligence Scale for Children (WISC-III Wechsler 1991) tidak cocok digunakan untuk penyandang autis karena memiliki kelemahan komunikasi dan berbahasa dan hasil pengukuran intelegensi tersebut masih dipengaruhi oleh keterbatasan metodologis alat ukur ketidakkonsistenan subyek. Penelitian ini memiliki tujuan untuk untuk menginventarisir gejala-gejala tingkah laku yang dapat dijadikan sebagai indikator kecerdasan anak dengan kelainan autisme. Data penelitian didapatkan dengan cara survey observasi dan kemudian data diolah secara deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini memiliki ciri-ciri mengidap gangguan autisme usia 5 tahun sampai dengan 15 tahun mengikuti pendidikan di sekolah anak berkebutuhan khusus dan sekolah inklusi jenis kelamin laki-laki dan perempuan. Jumlah subyek penelitian di kota malang khusunya pada lembaga YPAC dan Yayasan Bhakti luhur terdapat 50 orang subyek. Kelima-puluh orang tersebut dijadikan sebagai subyek penelitian. Sedangkan instrumen dalam penelitian ini menggunakan check list observasi dimana observasi dilakukan secara langsung disekolah Autisme. Kesimpulan penelitian ini adalah (1) Terdapat 6 indikator gejala tingkah laku yang dapat dijadikan sebagai indikator-indikator gejala perilaku kecerdasan penyandang autisme antara lain menyebut angka berurutan menjumlah angka memahami kalimat sederhana (perintah dan tanya) dengan cara menjawab atau melakuannya memecahkan masalah sederhana bermain puzzle menyelesaikan masalah pribadi (pergi ke kamar mandi) mengetahui nama dan fungsi obyek disekitar Disarankan kepada para guru autisme agar lebih peka terhadap gejala- gejala perilaku kecerdasan yang bisa membantu dalam pendidikan dan pengajaran anak Bagi team Assesmen Intelegensi disarankan agar mengunaakan gejala perilaku kercerdasan dalam melalukan assesmen kecerdasan kepada anak dengan kelainan autisme. Bagi peneliti selanjutnya yang tertarik dengan tema ini disarankan untuk melakukan penelitian sejenis dengan menambahkan indikator- indikator gejala gangguan perilaku kecerdasan yang lainnya sehingga didapatkan suatu indikator-indikator yang sangat representatif sebagai penunjuk tingkat kecerdasan anak dengan kelainan autisme.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/100555

Actions (login required)

View Item View Item