Pengaruh senam otak terhadap keterampilan menulis pada anak prasekolah / Viccy Eliez Triandini - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh senam otak terhadap keterampilan menulis pada anak prasekolah / Viccy Eliez Triandini

Triandini, Viccy Eliez (2009) Pengaruh senam otak terhadap keterampilan menulis pada anak prasekolah / Viccy Eliez Triandini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Keterampilan menulis merupakan kemampuan untuk memegang dan mengendalikan alat tulis sehingga menghasilkan bentuk tulisan yang merupakan gerak manipulatif (Utomo 2005). Menulis adalah kegiatan yang membutuhkan keterampilan motorik halus bagian tangan yang akan melibatkan banyak otot kecil pada jari jemari telapak tangan dan pergelangan tangan. Keterampilan motorik halus dapat terlatih sejalan dengan perkembangan motorik anak. Perkembangan motorik dipengaruhi oleh organ otak. Otak menjadi syaraf pusat yang mengendalikan setiap gerakan yang dilakukan anak. Semakin matangnya perkembangan sistem syaraf otak yang mengatur otot memungkinkan berkembangnya kompetensi atau kemampuan motorik anak. Jika terdapat gangguan pada otak akan menyebabkan fungsi motorik ikut terganggu (Endah 2008).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Sep 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/100547

Actions (login required)

View Item View Item