Hubungan pola asuh authoritative orang tua dengan secure attachment anak prasekolah / Nasliyatul Ula - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan pola asuh authoritative orang tua dengan secure attachment anak prasekolah / Nasliyatul Ula

Ula, Nasliyatul (2010) Hubungan pola asuh authoritative orang tua dengan secure attachment anak prasekolah / Nasliyatul Ula. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Anak yang baru mengenal sekolah atau anak yang memasuki peralihan jenjang misalnya dari play group ke TK atau dari TK ke SD biasanya rewel dan menangis sehingga ibu atau pengasuhnya harus selalu terlihat oleh sang anak. Pada umumnya problem tersebut dialami oleh anak-anak ketika mereka menghadapi situasi lingkungan atau orang yang baru. Sikap orang tua yang terlalu melindungi anak serta kasih sayang berlebih yang ditunjukkan oleh orang tua pada anak (terutama ibu) dapat menyebabkan berkembangnya ketergantungan emosional pada anak sehingga anak merasa kurang aman dan gelisah saat menghadapi situasi atau lingkungan baru. Orang tua yang mengasuh anak dengan intensitas komunikasi yang tinggi akan membuat anak merasa diperhatikan dihargai serta dapat menumbuhkan keyakinan terhadap penerimaan lingkungannya. Ketika anak merasa yakin dengan penerimaan lingkungan anak akan mengembangkan secure attachment dan akan mengembangkan rasa percaya tidak saja pada orang tua (khususnya ibu) tapi juga pada lingkungannya sehingga ini akan berdampak positif untuk perkembangannya. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui gambaran pola asuh authoritative orang tua (2) mengetahui gambaran secure attachment anak prasekolah (3) mengetahui apakah ada hubungan pola asuh authoritative orang tua dan secure attachment anak prasekolah. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif dan korelasional. Penelitian ini dilakukan di TK Pancamurni Al-Usman Kertosono. Subyek dalam penelitian ini adalah ibu dari anak prasekolah yang tercatat sebagai siswa TK Pancamurni Al-Usman Kertosono yang berjumlah 153 orang. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik purposive insidental sampling sejumlah 40 orang. Data pola asuh authoritative dikumpulkan dengan instrumen skala pola asuh authoritative yang memiliki reliabilitas ( 945 ) 0 876 dan data secure attachment dikumpulkan dengan instrumen skala secure attachment yang memiliki reliabilitas ( 945 ) 0 827. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik persentase dan teknik korelasi. Hasil analisis data menggunakan teknik persentase menunjukkan sebagian besar subyek merupakan orang tua authoritative dalam klasifikasi sedang (sebanyak 70%) dan sebagian besar orang tua memiliki anak prasekolah dengan secure attachment dalam klasifikasi sedang (sebanyak 67 5%). Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan product moment pearson (taraf signifikansi 5%) dan diperoleh koefisien r sebesar 0 276 (p 0 05) yang berarti tidak signifikan. Berdasarkan uji hipotesis tersebut dapat dikatakan bahwa tidak ada hubungan pola asuh authoritative orang tua dengan secure attachment anak prasekolah. i Bagi orang tua diharapkan menunjukkan kasih sayang kehangatan kepedulian pada anak prasekolah disamping mendorong untuk mandiri agar anak prasekolah dapat mengembangkan kelekatan pada orang tua dan memiliki rasa aman dalam mengeksplorasi lingkungannya. Bagi peneliti selanjutnya yang ingin mengembangkan penelitian tentang secure attachment hendaknya memperhatikan faktor lain yang diduga memberi kontribusi lebih terhadap secure attachment anak selain pola asuh authoritative seperti temperamen adanya figur lekat selain orang tua (teman sebaya dan guru) suasana dalam keluarga serta menambah instrumen penelitian berupa observasi wawancara dan dokumentasi sehingga diharapkan data yang diperoleh lebih baik dan akurat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/100545

Actions (login required)

View Item View Item