Hubungan antara motivasi berprestasi dan persepsi terhadap Pondok Pesantren dengan prestasi belajar santri mahasiswa di Pesantren Mahasiswa Al Hikam Malang / Veri Edi Santoso - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara motivasi berprestasi dan persepsi terhadap Pondok Pesantren dengan prestasi belajar santri mahasiswa di Pesantren Mahasiswa Al Hikam Malang / Veri Edi Santoso

Santoso, Veri Edi (2009) Hubungan antara motivasi berprestasi dan persepsi terhadap Pondok Pesantren dengan prestasi belajar santri mahasiswa di Pesantren Mahasiswa Al Hikam Malang / Veri Edi Santoso. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Semakin ketatnya persaingan dalam dunia pendidikan lembaga pendidikan dituntut untuk meningkatkan kualitas pendidikan diantaranya dengan meningkatkatkan prestasi belajar. Motivasi berprestasi dan persepsi terhadap lingkungan pondok pesantren merupakan dua faktor yang dapat menentukan tingkat prestasi belajar di pesantren. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui motivasi berprestasi persepsi terhadap pesantren dan prestasi belajar (2) untuk mengetahui hubungan antara motivasi berprestasi dengan prestasi belajar (3) untuk mengetahui hubungan antara persepsi terhadap pondok pesantren dengan prestasi belajar (4) untuk mengetahui hubungan antara motivasi berprestasi dan persepsi terhadap pondok pesantren dengan prestasi belajar. Variabel independen adalah motivasi berprestasi dan persepsi terhadap pondok pesantren sedangkan variabel dependen adalah prestasi belajar. Penelitian ini dilakukan di Pesantren Mahasiswa Al Hikam Malang dimulai pada bulan September sampai Oktober 2008. Rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelasional. Instrumen penelitian yang digunakan adalah Skala Motivasi Berprestasi Skala Persepsi terhadap Pondok Pesantren dan Studi dokumentasi terhadap Indeks Prestasi akademik di pondok pesantren. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan korelasional. Subyek penelitian ini adalah santri mahasiswa pesantren mahasiswa Al Hikam Malang sejumlah 61 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) motivasi berprestasi santri mahasiswa motivasi berprestasi sangat tinggi sebanyak 6 56% klasifikasi tinggi sebanyak 19 67% klasifikasi sedang sebanyak 47 54% klasifikasi rendah sebanyak 16 39% dan klasifikasi sangat rendah sebanyak 9 84% (2) persepsi terhadap pondok pesantren Hikam yang terdapat dalam klasifikasi sangat bagus sebanyak 6 56% klasifikasi bagus sebanyak 21 31% klasifikasi sedang sebanyak 39 34 % klasifikasi buruk sebanyak 29 51% dan klasifikasi sangat buruk sebanyak 3 28% (3) prestasi belajar klasifikasi sangat baik sebanyak 16 39% klasifikasi baik sebanyak 34 43% klasifikasi jelek sebanyak 31 15% dan klasifikasi sangat jelek sebanyak 18 03% (4) ada hubungan positif yang siginifikan antara motivasi berprestasi dan prestasi belajar dengan r 0 409 (p 0 001 0 05) (5) ada hubungan positif yang signifikan antara persepsi terhadap pondok pesantren dan prestasi belajar dengan r 0 351 (p 0 005 0 05) (6) ada hubungan positif yang signifikan antara motivasi berprestasi persepsi terhadap pondok pesantren dan prestasi belajar dengan r 0 447 (p 0 002 0 05). Berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan untuk menambahkan sampel penelitian dan variabel lain yang berhubungan dengan prestasi belajar. Bagi pihak pesantren agar lebih meningkatkan fasilitas belajar dan komunikasi dengan santri sehingga setiap masalah belajar yang dihadapi oleh santri bisa diselesaikan dengan baik. Bagi santri agar lebih meningkatkan motivasi berprestasi yaitu dengan mengikuti dengan sungguh-sungguh pelatihan motivasi berprestasi (Achievement Motivation Training) yang diselenggarakan oleh pesantren dan meningkatkan persepsi yang positif terhadap lingkungan dan kegiatan yang dilakukan oleh pesantren sehingga prestasi belajar santri akan meningkat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/100529

Actions (login required)

View Item View Item