Kondisi sosial ekonomi dan perhatian orang tua terhadap motivasi belajar siswa SDN 2 Ngijo Karangploso / Baiq Nurhayati - Repositori Universitas Negeri Malang

Kondisi sosial ekonomi dan perhatian orang tua terhadap motivasi belajar siswa SDN 2 Ngijo Karangploso / Baiq Nurhayati

Nurhayati, Baiq (2009) Kondisi sosial ekonomi dan perhatian orang tua terhadap motivasi belajar siswa SDN 2 Ngijo Karangploso / Baiq Nurhayati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nurhayati Baiq 2008 Kondisi Sosial Ekonomi dan Perhatian Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa SDN 2 Ngijo Skripsi Jurusan Psikologi Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Drs Sujiono S. Pd.M.Si (11) Diantini Ida Viatrie M.si Kata kunci Sosial Ekonomi Perhatian Motivasi Pendidikan merupakan proses pendewasan seseorang dalam pelaksanan proses pendidikan dibutuhkan partisipasi dari berbagai pihak guna mencapai tujuan pendidikan.Lingkungan keluarga yang merupakan peletak dasar pendidikan meliputi kondisi sosial ekonomi yang berbeda akan menimbulkan motivasi belajar yang berbeda bagi masing-masing siswa begitu pula dengan perhatian dari orang tua dalam kegiatan belajar dapat mendorong siswa untuk belajar tetapi kesibukan dari orang tua siswa akan dapat menyebabkan orang tua kurang memperhatikan kegiatan belajar anaknya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) Kondisi sosial ekonomi orang tua (2) Perhatian yang diberikan orang tua (3) Motivasi belajar siswa (4) Hubungan antara perhatian orang tua dan motivasi belajar siswa (5) Hubungan antara kondisi sosial ekonomi orang tua dan motivasi belajar siswa (6) Hubungan antara kondisi sosial ekonomi dan perhatian orang tua terhadap motivasi belajar siswa. Rancangan penelitian adalah deskriptif korelasional. Dengan populasi siswa SDN 2 Ngijo sebanyak 330 siswa.Sampel yang diambil berjumlah 81 siswa. Diambil dari Tehnik Proposional Random sampling.Instumen penelitian yang digunakan Angket dan Skala model Likert.Analisis data yang digunakan korelasi ganda Hasil penelitian (1) Kondisi sosial ekonomi orang tua siswa menunjukan (45 67%) kondisi sosial ekonomi rendah (2) Perhatian orang tua siswa menunjukan orang tua memiliki perhatian yang cukup (50 61%) (3) Motivasi belajar siswa menunjukan siswa memiliki motivasi belajar tinggi (45 67). Korelasi nilai sebesar 14 298 sebesar 3.15 dan taraf signifikan 0 05. (4) Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifika antara kondisi sosial ekonomi dan perhatian terhadap motivasi belajar siswa SDN 2 Ngijo. Berdasarkan hasil penelitian diatas saran yang diberikan sebagai berikut (1)Hendahnya pihak sekolah dengan orang tua siswa mengadakan rapat wali murid secara lebih intensif untuk membahas masalah siswa dan mencari pemecahanya dalam rangka untuk menigkatkan prestasi dan kemajuan belajar siswa (2) diharapkan orang tua siswa lebih memperhatikan kegiatan belajar siswanya.(3) Sebagai seorang siswa hendaknya menigkatkan motivasi belajar guna mencapai prestasi tinggi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Apr 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/100510

Actions (login required)

View Item View Item