Perilaku agresi pada remaja yang memperoleh pengalaman hukuman fisik masa anak / Anisa Puspita Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Perilaku agresi pada remaja yang memperoleh pengalaman hukuman fisik masa anak / Anisa Puspita Sari

Sari, Anisa Puspita (2009) Perilaku agresi pada remaja yang memperoleh pengalaman hukuman fisik masa anak / Anisa Puspita Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perilaku agresi adalah suatu perilaku fisik maupun perilaku verbal yang diniatkan untuk melukai obyek yang menjadi sasaran. Tujuan dari agresi ini bukan hanya menyakiti subyek sendiri atau orang lain tetapi untuk mencapai kepuasan melalui pemuncakan emosi sehingga subyek yang disekitarnya merasa terancam dan takut untuk bersosialisasi dengan aggressor. Pengalaman memperoleh hukuman fisik masa anak adalah perlakuan kasar orang tua secara jasmani yang dapat menimbulkan rasa sakit sebagai resiko atau akibat dari kesalahan yang dilakukan seseorang. Pengalaman ini akan berdampak dari segi fisik maupun psikologis anak yang akan menimbulkan trauma pada anak dan sikap modelling dari perilaku yang diterima oleh anak tersebut. Walaupun itu hukuman fisik ini juga mengakibatkan rasa sakit secara fisik atau jamani. Hukuman fisik ini juga mengakibatkan psikologis yang terganggu pada korbannya yang menyebabkan si anak menjadi trauma tersendiri atau malah anak terbentuk suatu sifat atau sikap untuk membalas dendam apabila sudah menginjak remaja. Ini adalah akibat dari pengalaman memperoleh hukuman fisik masa anak. Jenis pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yaitu pengamatan langsung ke lapangan untuk mendapatkan gambaran dan informasi yang utuh tentang bagaimana perilaku agresi pada remaja yang memperoleh pengalaman hukuman fisik masa anak. Berdasarkan kriteria terpilih subyek penelitian ini 4 orang serta data-data yang diperoleh bisa membantu data yang diperlukan dari orangtua subyek teman/sahabat subyek dan guru Bimbingan Konseling SMA Pawyatan Daha. Dalam penelitian ini metode pengumpulan data yang dilakukan dengan cara (1) Wawancara adalah percakapan yang dilakukan antara peneliti dan subyek penelitian. Dalam menggunakan teknik wawancara informasi yang didapat mengarah pada sasaran antara lain yaitu pengalaman hukuman fisik pada masa anak dan perilaku agresi remaja. (2) Observasi adalah pengamatan yang dilakukan selama melangsungkan kunjungan lapangan termasuk kesempatan-kesempatan selama pengumpulan bukti-bukti yang lain seperti wawancara. Dari hasil yang diperoleh penelitian ini bahwa perilaku agresi remaja itu terdapat salah satu faktor penyebabnya adalah pengalaman hukuman fisik oleh orangtua yang diperoleh ketika anak masih kecil. Hukuman fisik diterapkan oleh orangtua karena pada dasarnya sikap dari orangtua keras hukuman fisik sebagai alat pendidikan dan membuat anak jera hukuman fisik diberikan karena anak yang memiliki perilaku di mana orangtua menganggap perilaku itu sangat menyimpang. Anak melakukan tindakan agresi yaitu karena pengaruh lingkungan eksternal (teman masyarakat televisi dll) dan internal (dalam diri) anak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/100505

Actions (login required)

View Item View Item