Pertimbangan konsumen dalam proses pengambilan keputusan pembelian sepeda motor / Dewi Permatasari Mulyawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pertimbangan konsumen dalam proses pengambilan keputusan pembelian sepeda motor / Dewi Permatasari Mulyawati

Mulyawati, Dewi Permatasari (2008) Pertimbangan konsumen dalam proses pengambilan keputusan pembelian sepeda motor / Dewi Permatasari Mulyawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mulyawati Dewi. P. 2008. Pertimbangan Konsumen Dalam Proses Pengambilan Keputusan Pembelian Sepeda Motor. Skripsi Program Studi Psikologi Jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Alwisol M.Pd. Pembimbing (II) Fattah Hidayat SE M.Psi. Kata kunci proses pengambilan keputusan konsumen pembelian sepeda motor. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang meneliti dan mengkaji masalah secara objektif sebagaimana adanya tanpa ada manipulasi atau memberikan perlakuan pada variabel penelitian. Tujuan penelitian ini adalah memperoleh deskripsi obyektif tentang pertimbangan konsumen dalam proses pengambilan keputusan pembelian sepeda motor di kota Malang. Instrumen penelitian adalah Kuisioner Pertimbangan Konsumen Dalam Proses Pengambilan Keputusan Pembelian Sepeda Motor. Uji validitas instrumen menggunakan teknik Korelasi Product Moment dengan taraf signifikansi 95%. Reliabilitas diukur menggunakan koefisien reliabilitas belah dua spearman brown. Kriteria pengambilan keputusannya adalah apabila nilai dari koefisien reliabilitas lebih besar dari 0 6 maka variabel tersebut sudah reliabel. Subyek pada penelitian ini adalah konsumen yang mempunyai sepeda motor dan menjadi pengambil keputusan untuk membeli sepeda motor dikota Malang dan sudah bekerja yang diambil menggunakan teknik insidental sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis faktor untuk memperoleh gambaran tentang pertimbangan konsumen yang menjadi faktor-faktor yang melatarbelakangi proses pengambilan keputusan pembelian sepeda motor dan analisis uji beda untuk mencari perbedaan antara karakteristik responden dengan faktor-faktor yang sudah terbentuk. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor lingkungan pencitraan diri pencitraan produk dan motivasi melatarbelakangi konsumen dalam proses pengambilan keputusan pembelian sepeda motor. Faktor lingkungan memiliki persentase varian sebesar 30 895% faktor pencitraan diri memiliki persentase varian sebesar 19 853% faktor pencitraan produk memiliki persentase varian sebesar 19 238% dan faktor motivasi memiliki persentase varian sebesar 10 837% Faktor lingkungan terdiri dari variabel keluarga kelompok acuan budaya dan pengetahuan pembelian. Faktor pencitraan diri terdiri dari variabel sikap persepsi dan status dan kelas sosial. Faktor pencitraan produk terdiri dari variabel pengetahuan produk dan strategi penjualan. Faktor motivasi terdiri dari satu variabel yaitu motivasi. Dari hasil analisis uji beda didapatkan bahwa karakteristik responden memberikan perbedaan yang signifikan hanya pada faktor pencitraan diri dan yang membedakan yaitu status pernikahan pekerjaan penghasilan dan jumlah sepeda motor yang dimiliki responden. Beberapa saran yang dapat dipertimbangkan adalah bagi peneliti selanjutnya dapat mengikutsertakan variabel lain yang belum ada dalam penelitian ini seperti kondisi demografi gaya hidup ataupun variabel lainnya dan pengambilan sampel dengan menggunakan metode sampling probability sehingga hasilnya dapat digeneralisasikan untuk seluruh anggota populasi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Nov 2008 04:29
Last Modified: 09 Sep 2008 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/100500

Actions (login required)

View Item View Item