Iklim organisasi dan stres kerja perawat ditinjau dari shift work di Rumah Sakit Islam Malang / Fajar Wulansari - Repositori Universitas Negeri Malang

Iklim organisasi dan stres kerja perawat ditinjau dari shift work di Rumah Sakit Islam Malang / Fajar Wulansari

Wulansari, Fajar (2009) Iklim organisasi dan stres kerja perawat ditinjau dari shift work di Rumah Sakit Islam Malang / Fajar Wulansari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rumah sakit merupakan salah satu industri jasa yang memberikan pelayanan kesehatan yang bermutu dan terjangkau kepada masyarakat tidak hanya memberikan pelayanan siang hari tapi harus 24 jam karena setiap orang sakit membutuhkan perawatan. Perawat yang memberikan pelayanan keperawatan di rumah sakit dibutuhkan pengaturan shift yang dapat mempengaruhi iklim organisasi dan stres kerja perawat. Penelitian ini bertujuan mengetahui perbedaan iklim organisasi dan stres kerja perawat berdasarkan shift work di Rumah Sakit Islam Malang. Penelitian dilakukan pada perawat yang bekerja secara shift di Rumah Sakit Islam Malang. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan komparational. Penelitian ini merupakan penelitian populasi dengan subyek penelitian perawat yang bekerja secara shift berjumlah 70 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa skala dan data dokumentasi. Skala Iklim Organisasi dan Skala Stres Kerja dengan menggunakan model penskalaan Likert. Data dokumentasi untuk mengetahui shift work di Rumah Sakit Islam Malang. Analisis deskriptif menggunakan kategori tingkatan harga mean dan standar deviasi dan teknik analisis General Linier Model (GLM) - Multivariate dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata skor iklim organisasi pada shift pagi 127.76 shift siang 128.00 shift malam 127.83. Rata-rata skor stres kerja perawat pada shift pagi 59.24 shift siang 56.41 shift malam 59.57. tidak ada pengaruh shift work terhadap iklim organisasi (F 0.02 p 0.998) dan tidak ada pengaruh shiftwork terhadap stres kerja perawat(F 0.378 p 0.686). Iklim organisasi pada shift pagi tidak berbeda dengan iklim organisasi dengan shift malam (B -0.066 p 0.986) iklim organisasi pada shift siang tidak berbeda dengan iklim organisasi pada shift malam(B 0.174 p 0.964). stres kerja pada shift pagi tidak berbeda dengan shift malam(B -0.325 p 0.933) stres kerja pada shift siang tidak berbeda dengan stres kerja pada shift malam(B -3.156 p 0.432). Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada perawat untuk melihat lingkungan kerja atau iklim organisasi rumah sakit secara obyektif sehingga didapatkan kesesuaian diri dengan lingkungan yang akan membuat pekerjaan terasa nyaman. Bagi rumah sakit dalam usaha meminimalkan tingkat stres kerja perawat untuk mempertahankan dan meningkatkan keadaan iklim organisasi Rumah Sakit.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Aug 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/100492

Actions (login required)

View Item View Item