Pengaruh pengayaan kosakata terhadap penurunan tingkah laku yang tidak dikehendaki pada anak autisme / Minati Widiastuti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pengayaan kosakata terhadap penurunan tingkah laku yang tidak dikehendaki pada anak autisme / Minati Widiastuti

Widiastuti, Minati (2009) Pengaruh pengayaan kosakata terhadap penurunan tingkah laku yang tidak dikehendaki pada anak autisme / Minati Widiastuti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Gangguan berkomunikasi adalah salah satu gejala yang muncul pada anak autisme. Gangguan komunikasi pada anak autisme menyebabkan anak tidak mampu mengutarakan keinginannya secara baik. Hal itulah yang menyebabkan munculnya tingkah laku yang tidak dikehendaki pada anak autisme seperti tingkah laku ekolalia meracau menarik tangan agresif dan lain sebagainya. Pemberian pengajaran berbahasa pada anak autisme mutlak dibutuhkan. Dengan belajar berbahasa dengan baik diharapkan anak lebih mampu menyampaikan keinginannya sehingga mengurangi kemunculan tingkah laku yang tidak dikehendaki. Metode global mengajarkan anak untuk belajar bahasa secara keseluruhan dulu baru kemudian dipecah menjadi bagian-bagian kecil. Pemberian metode global untuk membantu anak autisme belajar berbicara diharapkan mampu meningkatkan kemampuan komunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh pengayaan kosakata dengan metode global terhadap pertambahan perbendaharaan kosakata anak autisme (2) mengetahui pengaruh pengayaan kosakata dengan metode global terhadap penurunan kemunculan tingkah laku yang tidak dikehendaki pada anak autisme. Penelitian ini dilakukan di Laboratorium Sekolah Autisme Universitas Negeri Malang tanggal 3 Maret sampai dengan 4 April 2008. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian experimental dengan pendekatan within subject dengan nama desain one group pretest-posttest design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pengayaan kosakata dengan metode global sedangkan variabel terikat adalah tingkah laku yang tidak dikehendaki pada anak autisme. Instrumen yang digunakan adalah observasi daftar kosakata dan metode global untuk mengajar kosakata. Analisis akhir penelitian adalah uji hipotesis dengan menggunakan uji t untuk sampel yang berkorelasi dan analisis chi kuadrat. Uji hipotesis dengan uji t menunjukkan hasil nilai t pada masing-masing subjek sebagai berikut subjek IR nilai t 31 25 subjek RA nilai t 25 6 subjek BM nilai t 25 64 dan subjek AD nilai t 26 67. Nilai t dari semua subjek menunjukkan hasil yang positif yang mempunyai arti bahwa pengayaan kosakata dengan metode global mempengaruhi penurunan kemunculan tingkah laku yang tidak dikehendaki pada anak autisme. Sedangkan pada analisis chi kuadrat menunjukkan hasil nilai X2 pada masing-masing subjek sebagai berikut subjek IR nilai X2 10 159 subjek RA nilai X2 12 15 subjek BM nilai X2 10 159 dan subjek AD nilai X2 10 159. Nilai X2 dari semua subjek menunjukkan hasil yang positif yang mempunyai arti bahwa pengayaan kosakata dengan metode global mempengaruhi pertambahan perbendaharaan kosakata anak autisme. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan agar pada pusat-pusat terapi anak autisme untuk menggunakan metode global dalam mengajarkan kosakata baru pada anka autisme. Sedangkan pada penelitian selanjutnya disarankan untuk menambahakan metode pengajaran lain sebagai pembanding.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Aug 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/100481

Actions (login required)

View Item View Item