Perbedaan perilaku agresi ditinjau dari jenis kelamin pada polisi di POLWIL Malang /Betty Pustpita Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan perilaku agresi ditinjau dari jenis kelamin pada polisi di POLWIL Malang /Betty Pustpita Sari

Sari, Betty Pustpita (2009) Perbedaan perilaku agresi ditinjau dari jenis kelamin pada polisi di POLWIL Malang /Betty Pustpita Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Fenomena perilaku agresi pada polisi akhir-akhir ini seringkali terjadi berbagai media cetak dan elektronik banyak memuat berita-berita mengenai maraknya kasus penyalahgunaan senjata dan kekerasan yang dilakukan oleh polisi yang dipicu karena hal-hal sepele maupun serius misal kasus polisi bunuh diri dan penyalahgunaan senjata untuk menembak atasanya hingga mati karena marah banyaknya kasus seperti itu membuat citra Intansi Kepolisian menjadi buruk di masyarakat meskipun kasus-kasus tersebut merupakan kasus individual. Selain polisi laki-laki polisi wanita juga melakukan perilaku agresi namun frekuensinya lebih sering terjadi pada polisi laki-laki maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1. Mengetahui bagaimana tingkat perilaku agresi pada polisi laki-laki di Polwil Malang 2. Mangetahui bagaimana tingkat perilaku agresi pada polisi wanita di Polwil Malang 3. Mengetahui apakah ada perbedaan perilaku agresi pada polisi laki-laki dan polisi wanita ditinjau dari jenis kelamin di Polwil Malang. Penelitian ini dilakukan di Polwil Malang. Rancangan penelitian yang di gunakan adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif komparatif. Subyek yang dijadikan sampel penelitian adalah polisi laki-laki dan polisi wanita di Polwil Malang sebanyak 68 orang yaitu 40 polisi laki-laki dan 28 polisi wanita. Teknik pengambilan sample yang digunakan adalah purposive random sampling. Jenis instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa skala perilaku agresi yang merupakan pengembangan dari teori agresi Buss dan disusun berdasarkan metode likert. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif dan analisis Uji-t yaitu Uji Independent Sample Test dengan taraf signifikansi 0 05. Hasil penelitian menunjukan bahwa dari 28 polisi wanita yang berperilaku agresi tinggi sebesar 60 71% atau 17 wanita dan yang berperilaku agresi rendah 39 29% sedangkan dari 40 polisi laki-laki yang berperilaku agresi tinggi sebesar 42 50% dan yang berperilaku agresi rendah sebesar 57 50% namun hasil penelitian deskriptif tidak dapat dijadikan kesimpulan hipotesis karena harus dianalisis dulu hasil analisis Uji-t didapatkan t 2 083 sig 0 041 p 0 05. Ada perbedaan perilaku agresi pada polisi laki-laki dan polisi wanita. Hal ini di perkuat oleh mean polisi laki-laki 74 05 lebih tinggi dari mean polisi wanita 66 96.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/100477

Actions (login required)

View Item View Item